KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Toyota membukukan penjualan pabrikan ke diler (
wholesales) sebanyak 31.424 unit dan menguasai pangsa pasar sebesar 30,9% pada Maret 2018. Kinerja penjualan Toyota bulan lalu tumbuh 13,6% dibandingkan Februari 2018 sebanyak 27.665 unit. Kenaikan terjadi di segmen-segmen yang menjadi tulang punggung penjualan seperti MPV, SUV, dan
hatchback. Sepanjang bulan lalu, SUV membukukan pertumbuhan tertinggi sebesar 36%. Hal itu antara lain didukung New Rush yang mencatatkan penjualan
wholesales 5.027 unit dengan pertumbuhan 40,6%, dan Fortuner sebanyak 1.930 unit, tumbuh 25,4%.
“Kebutuhan Toyota New Rush semakin positif dan untuk menjaga agar pelanggan tidak menunggu terlalu lama, suplainya ke pasar ditingkatkan sehingga pada Maret angkanya naik menjadi di atas 5.000 unit,” ujar Henry Tanoto,
Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, dalam keterangan pers, Senin (16/4). Secara total, kata Henry, dalam tiga bulan ini
wholesales Rush sudah mencapai 12.000 unit, artinya suplai ke diler rata-rata mencapai 4.000 unit per bulan. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan suplai dalam tiga tahun terakhir yang rata-rata hanya sekitar 1.600 unit-2.200 unit per bulan. Segmen yang mencatatkan pertumbuhan terbesar kedua pada bulan lalu adalah MPV, yaitu 10,2%. Pada Maret 2018, MPV Toyota membukukan total
wholesales 19.511 unit. Avanza masih menjadi kontributor terbesar Toyota dengan
wholesales sebanyak 7.097 unit pada bulan lalu. Berdasarkan data Gaikindo, secara nasional pasar
low MPV membukukan total penjualan 24.420 unit pada Maret lalu. Secara volume, angka ini cukup stagnan karena dalam tiga bulan pertama 2018 angkanya relatif sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu di kisaran 24.000 unit per bulan. Toyota berupaya untuk menyeimbangkan antara suplai dan permintaan. Permintaan terhadap Avanza ternyata tetap meningkat sehingga di bulan Maret suplainya kembali ke level 7.000 unit.
Sementara itu, segmen hatchback juga berkontribusi terhadap pertumbuhan penjualan Toyota pada bulan lalu
. Wholesales hatchback Toyota pada Maret lalu tercatat sebanyak 3.396 unit atau tumbuh 9% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Yaris menjadi kontributor terbesar di segmen
hatchback dengan
wholesales 1.287 unit. Permintaan yang cukup tinggi akan New Yaris membuat Toyota terus meningkatkan penjualan dan suplai di bulan Maret, sehingga ada kenaikan sebesar 16,1% dibandingkan dengan Februari 2018. “Di tengah kondisi pasar yang semakin kompetitif, maka menjadi tantangan bagi Toyota untuk terus menjaga momentum pertumbuhan penjualan, salah satunya melalui produk-produk baru seperti Rush dan Yaris,” tambah Fransiscus Soerjopranoto,
Executive General Manager Toyota-Astra Motor, dalam keterangan pers Senin (16/4). Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Herlina Kartika Dewi