Pensiunan Wanita Membutuhkan Lebih Banyak Uang Daripada Pria, Ini Penyebabnya



KONTAN.CO.ID - Seperti banyak hal lainnya, pensiun tidak sama bagi pria dan wanita. Secara khusus, pensiunan wanita cenderung membutuhkan lebih banyak uang daripada pria.

Mengutip GoBankingRates, berikut ini beberapa alasan mengapa pensiunan wanita membutuhkan lebih banyak uang daripada pria:

1. Gangguan Karier


Secara statistik, perempuan lebih mungkin mengambil waktu istirahat dari pekerjaan untuk merawat orang lain, seperti anak-anak atau orang tua yang sudah lanjut usia, daripada laki-laki. 

Mengambil waktu istirahat dari pekerjaan dapat berdampak besar pada tabungan pensiun perempuan. Meskipun mereka tidak bekerja, tentu saja mereka tidak mendapatkan gaji, tetapi mereka juga tidak dapat memanfaatkan manfaat tabungan pensiun yang disesuaikan dengan pemberi kerja atau membayar Jaminan Sosial.

Bahkan ketika mereka kembali bekerja, meninggalkan pekerjaan dapat memengaruhi pertumbuhan karier jangka panjang. Hal ini dapat menyebabkan potensi penghasilan mereka lebih rendah, yang dapat membatasi tabungan pensiun mereka.

Baca Juga: Bukan Menabung, Ini Cara Tepat untuk Mempersiapkan Pensiun ala Robert Kiyosaki

2. Kesenjangan Gaji Berdasarkan Gender

Pada tahun 2022, wanita memperoleh penghasilan rata-rata 82% dari pria, menurut Pew Research Center. Ini bukanlah hal baru, karena wanita memperoleh penghasilan 80% dari pria pada tahun 2002.

Penghasilan yang tidak sebanyak pria dapat memengaruhi keuangan wanita baik di masa sekarang maupun di masa mendatang — seperti saat pensiun. 

Namun, wanita yang bekerja mungkin tidak mampu menabung sebanyak itu untuk pensiun. Bahkan jika mereka mampu melakukannya, jumlahnya tidak akan sebanyak rekan kerja pria yang berpenghasilan lebih besar dari mereka.

3. Kemungkinan Lebih Rendah untuk Menabung untuk Pensiun

Hanya 68% wanita yang menabung untuk pensiun, dibandingkan dengan 77% pria, menurut Fidelity. Mereka juga tidak merasa yakin tentang masa depan keuangan mereka, karena hanya 42% wanita yang percaya bahwa mereka berada di jalur yang tepat dengan tabungan pensiun, dibandingkan dengan 52% pria.

Mungkin ada banyak alasan mengapa wanita tidak menabung untuk pensiun, termasuk yang disebutkan di atas, seperti kesenjangan gaji gender dan gangguan karier. 

Baca Juga: Tak Punya Tabungan Pensiun di Umur 45, Cek Cara Bangun Kekayaan ala Warren Buffett

4. Harapan Hidup Lebih Panjang

Tidak ada cara untuk mengetahui berapa tahun masa pensiun yang akan Anda nikmati. Namun, wanita lebih mungkin hidup lebih lama daripada pria.

Pada tahun 2021, harapan hidup wanita adalah 79,3 tahun, dibandingkan dengan 73,5 tahun untuk pria, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Ini berarti wanita membutuhkan lebih banyak uang yang ditabung untuk mempertahankan standar hidup mereka selama sisa hidup mereka.

Selanjutnya: Jadwal SIM Keliling Depok & Tangsel Hari Ini (17/9), Perpanjang SIM Cepat Jadi

Menarik Dibaca: Intip Daftar Gift Code Ojol The Game 17 September 2024 Paling Baru Bulan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie