KONTAN.CO.ID - Selama lebih dari dua tahun di masa pandemi, ada banyak tantangan yang tentunya dirasakan oleh para ibu di Indonesia, terutama bagi para first-time moms. Lilla, platform digital terdepan di Indonesia yang berfokus pada kebutuhan ibu dan buah hati, kini bertransformasi untuk menghadirkan ekosistem, serangkaian solusi cerdas, yang menjawab segala kebutuhan ibu di setiap langkah kehidupan mereka. Lilla meluncurkan aplikasi yang dapat dipersonalisasi sesuai dengan profil ibu serta tahap perkembangan anak. Dengan demikian, ibu modern yang dalam kesehariannya erat dengan platform serta informasi digital akan semakin termudahkan. Menjadi Ibu di Era Digital: Ibu Semakin Kritis, Digital Savvy dan Butuh Support System Terpercaya
Di era digital saat ini yang semakin berkembang, para ibu semakin digital savvy dan banyak yang memanfaatkan platform digital, termasuk dalam mencari berbagai informasi penting serta pemenuhan kebutuhan mulai dari masa kehamilan, menuju proses persalinan, dan terus berlanjut hingga tahapan tumbuh kembang anak. Dalam salah satu forum diskusi yang Lilla selenggarakan bersama para ibu, ternyata kemudahan informasi di era digital juga terkadang membuat ibu mengalami kesulitan dalam mencari platform digital yang lengkap dan menyediakan informasi terpercaya serta kredibel mengenai ibu dan anak. Nurul Sulisto, General Manager Lilla, mengungkapkan bahwa “Dampak dari keadaan tersebut tidak jarang membuat ibu menjadi overwhelmed ketika harus memilah informasi serta produk yang tepat dan juga terpercaya. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya solusi cerdas yang mampu memenuhi kebutuhan serta membantu memudahkan perjalanan ibu, terlebih di tengah banyaknya arus informasi serta produk-produk yang belum tentu sesuai dengan fase yang sedang dijalani oleh ibu”. Hal ini turut disetujui oleh dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG, dokter ahli kandungan (obgyn), dimana para ibu menjadi semakin kritis dan menginginkan informasi cepat atas pertanyaan seputar kehamilan, terutama di era digital ini. “Para ibu masa kini bisa dibilang sangat jeli dalam mencari informasi dan menerima informasi baik secara online maupun informasi dari sumber lainnya. Selain itu, mereka juga selalu ingin tahu solusi cerdas dari permasalahan yang sedang mereka alami secara cepat. Karakteristik ini mendorong mereka untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk kemudian disaring dengan validasi dari dokter. ” Selain pentingnya mendapatkan informasi yang terpercaya, adanya support system yang mampu diandalkan untuk mempermudah perjalananan ibu serta menjaga kebahagiaannya juga dianggap penting sekali oleh Samanta Elsener, M.Psi., psikolog anak dan keluarga. “Para ibu membutuhkan sumber dukungan terpercaya sehingga mampu menyeimbangi waktunya untuk dapat menjalani perannya sebagai ibu dengan sebaik mungkin. Selain mendapatkan dukungan dari keluarga, kerabat maupun dari platform digital, perlu diketahui juga bahwa ibu yang bahagia adalah ibu yang bisa memberikan yang terbaik bagi anaknya. Untuk mencapai hal tersebut penting bagi ibu untuk memperhatikan dirinya (self-care) serta mencintai dirinya sendiri (self-love).” Lilla: Solusi Cerdas Untuk Bantu Permudah Setiap Fase Perjalanan Ibu Memahami tantangan yang dihadapi para ibu, Lilla hadir dengan ultimate mom app pertama dengan 2-in-1 feature di Indonesia yang dilengkapi dengan fitur andalan untuk membantu dan mempermudah peran ibu di segala kondisi apapun, kapanpun dan dimanapun. “Hadirnya Lilla tidak hanya akan membantu ibu memenuhi kebutuhan bagi dirinya dan buah hati, tetapi juga menjadi rujukan informasi terpercaya yang kami kurasi dari para ahli. Kami paham betapa pentingnya untuk memiliki support system yang saling terintegrasi untuk kemudahan ibu dalam memenuhi segala kebutuhannya, sehingga Lilla turut mengembangkan ekosistem lengkap ini dengan memposisikan ibu sebagai fokus utama untuk segala langkah inovasi kami“, ujar Nurul. Terdapat empat fitur utama dalam aplikasi Lilla yang dapat menjadi andalan dan teman setia para ibu, diantaranya. - Easy shopping (Kemudahan dalam berbelanja): Menghadirkan smart shopping filter yang dapat memberikan rekomendasi produk dan kategori yang menyesuaikan dengan tahap tumbuh kembang anak. Produk yang tersedia sudah terkurasi yang tentunya berkualitas, bersertifikasi BPOM, Kemenkes dan SNI, sehingga terjamin aman bagi ibu dan buah hati. Dengan adanya rekomendasi produk ini, proses berbelanja akan menjadi lebih mudah dan cepat karena sesuai dengan kebutuhan ibu di kondisi tertentu. - Motherhood tracker (Memantau perkembangan janin): Dalam perjalanan seorang ibu, melakukan pemantauan terhadap mengamati setiap fase perkembangan anak sedari masa kehamilan, kelahiran hingga anak mulai memasuki tahapan usia selanjutnya, perlu dilakukan agar tumbuh kembang anak lebih terkontrol. Tracker dalam aplikasi ultimate Lilla ini juga dilengkapi dengan informasi dan tips dari para ahli, seperti misalnya mengenai nutrisi yang diperlukan di setiap tahap perkembangan. Selain itu, terdapat juga daftar kegiatan yang perlu dilakukan oleh ibu dan ayah setiap minggunya yang disesuaikan dengan kondisi anak. - Personalized experience (Memberikan pengalaman personalisasi): Lilla menerapkan konsep personalisasi dalam seluruh fitur di aplikasi ultimate Lilla untuk menciptakan pengalaman berbelanja dan mencari informasi yang nyaman, cepat dan tepat. Dari produk hingga informasi yang ditampilkan dalam aplikasi ini disesuaikan dengan profil masing-masing ibu serta tahap pertumbuhan anak. - Learn from the expert (Belajar dari para ahli): Berisi informasi terpercaya mengenai berbagai topik ibu dan anak, seperti perkembangan anak, kandungan, hingga menyusui yang dipaparkan oleh para ahli yang diantaranya adalah dr. Melia Yunita, MSc, Sp.A (dokter anak), dr. dr Cindy J. Pudjiadi SpGK (ahli gizi), dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG (dokter kandungan), Jamilatus sadiyah Amd.Keb RYT (bidan), dan bahkan konselor laktasi. Terdapat pula fitur FAQ yang disesuaikan dengan setiap fase ibu yang semakin memudahkan ibu mencari informasi yang diperlukan. Lilla memahami bahwa menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah untuk dijalani, namun kami ingin membuatnya menjadi lebih mudah dengan adanya solusi cerdas dari kami. Dalam pengembangannya, Lilla selalu menjadikan ibu sebagai inspirasi dalam berinovasi dan fokus pada pemenuhan segala kebutuhan dan keinginan para ibu. Melengkapi aplikasi yang baru saja diluncurkan, Lilla akan melengkapi ekosistemnya dengan menghadirkan Lilla Private Label, serangkaian produk untuk memenuhi kebutuhan ibu dan anak, dalam waktu dekat. Kategori yang produk yang akan dihadirkan meliputi kebutuhan pribadi (personal care) hingga kebutuhan mendasar lainnya seperti pakaian (fashion item), Lilla senantiasa mengedepankan kualitas serta ketahanan produk sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal ini sejalan dengan prinsip berkelanjutan yang diterapkan perusahaan untuk membantu mengurangi limbah. Pentingnya Menikmati MOMents untuk Ibu dan Anak yang Lebih Bahagia Menjadi seorang ibu adalah perjuangan seumur hidup yang penuh dengan suka duka dan membutuhkan dukungan di setiap tahap perjalanan keibuannya. Ketika kebutuhan ini terpenuhi, tentunya para ibu dapat memiliki waktu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri dan dengan demikian, mampu memberikan yang terbaik untuk anaknya. Senada dengan pandangan tersebut, sosok ibu muda inspiratif dan public figure, Tasya Kamila berbagi cerita mengenai MOMents atau momen istimewa sebagai seorang ibu yang dialaminya. “Melihat anak saya, Arrasya, tumbuh dengan sehat, ini bisa dibilang adalah kebahagiaan utama, terlebih karena naluri sebagai seorang ibu itu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Namun, kita juga harus sadar bahwa wellbeing ibu juga berpengaruh besar terhadap kualitas tumbuh kembang anak. Dengan adanya solusi cerdas dari Lilla, saya tidak lagi merasa kewalahan ketika mencari informasi yang dibutuhkan karena semua sudah dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan saya di fase perjalanan ibu yang sedang saya hadapi. Kini, saya bisa lebih menikmati me time melalui aktivitas yang saya sukai seperti belajar ilmu pengetahuan baru tentang ibu dan anak serta menjaga wellbeing melalui perawatan diri sederhana agar mood juga selalu ceria ketika menjaga Arrasya,” ujarnya. Melalui pendekatan terbaru serta ekosistem digital terlengkap bagi ibu dan buah hati, Lilla diharapkan dapat menemani ibu di segala situasi. “Lilla memiliki tujuan untuk membuat perjalanan ibu menjadi lebih mudah sehingga ibu bisa menikmati berbagai momen istimewa bersama anak tercinta. Ke depannya, Lilla ingin tumbuh bersama ibu, menjadi support system terpercaya serta sahabat terbaik yang selalu ada di setiap tahap kehidupannya dan membantu mereka menikmati perannya sebagai seorang ibu dengan cara terbaik”, tutup Nurul. Untuk menikmati perjalanan menjadi ibu dengan dukungan solusi cerdas dari Lilla, unduh aplikasinya sekarang juga melalui Google Play Store maupun Apple Store di https://lilla.sociolla.com/. Tentang Lilla Lilla adalah platform online yang menghadirkan layanan lengkap untuk memenuhi berbagai kebutuhan para ibu dan buah hati di Indonesia. Diluncurkan pada 2020, Lilla terus berkembang untuk menghadirkan solusi yang cerdas dan ekosistem terlengkap bagi kebutuhan ibu dan buah hatinya di setiap tahap kehidupan. Lilla berkomitmen untuk memberikan personalisasi dalam pengalaman belanja produk sesuai tahap tumbuh kembang anak serta menyediakan informasi dari berbagai topik tentang ibu dan anak dengan bantuan tim ahli yang direkomendasikan. Berorientasi untuk memberikan yang terbaik bagi para ibu, Lilla senantiasa menemani di setiap perjalanan ibu agar terasa lebih mudah dengan memenuhi kebutuhan apapun, dimanapun dan kapanpun. Tentang Social Bella Indonesia:
Social Bella adalah perusahaan terkemuka yang bergerak di bidang teknologi kecantikan terintegrasi. Diluncurkan pada 2015, bisnis Social Bella berevolusi dari e-commerce kecantikan dan perawatan diri terdepan di Indonesia menjadi ekosistem kecantikan dan perawatan diri online dan offline yang berskala besar dan berkelanjutan. Social Bella kini telah memiliki lima pilar bisnis yang terus berkembang diperkirakan telah melayani kebutuhan sekitar 42 juta pengguna selama 2020. (1) SOCO, super app kecantikan yang dapat membantu pengguna menikmati pengalaman kecantikan secara holistik. (2) Beauty Journal, media online kecantikan dan gaya hidup terkemuka dengan layanan pemasaran O2O dari hulu ke hilir. (3) Sociolla, e-commerce no.1 di Indonesia di bidang kecantikan dan perawatan diri yang sekarang juga memiliki offline store berkonsep OmniChannel. (4) Lilla, e-commerce terlengkap khusus untuk ibu dan orang tersayang di Indonesia (5) Brand Development adalah unit bisnis yang menawarkan layanan distributor ujung ke ujung untuk merek kecantikan dan perawatan diri, yang dipercaya oleh berbagai pemilik merk internasional terkemuka. Social Bella dianugerahi penghargaan Disruptor Award for the A-List: Forbes Indonesia’s Most Promising Growth-Stage Startups 2019 bersama-sama dengan startup baru yang sedang naik daun. Penghargaan ini diumumkan di Forbes Indonesia Digital Awards yang diadakan oleh Forbes Indonesia sebagai acara untuk mengumpulkan para pengusaha dan startup teknologi yang sedang naik daun. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti