Penyaluran KUR di Timika capai Rp 50 miliar



PAPUA. Realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh BRI Kantor Cabang Timika hingga akhir 2014 mencapai lebih dari Rp 50 miliar. Angka ini merupakan yang dikucurkan sejak 2009 sampai akhir 2014, ketika pemerintah menghentikan program ini. 

"Hingga kini, pembayaran cicilan sisa KUR masih tetap berjalan," kata Kepala Cabang BRI Timika Rahmad B Sulistia, Jumat (8/5).

Dia mengatakan, program ini membantu para pelaku usaha kecil, terutama yang baru memulai usahanya. Apalagi, syarat yang ditawarkan juga cukup mudah dengan plafon hanya maksimal Rp 25 juta untuk segmen mikro.


"Nasabahnya macam-macam yaitu para pedagang di pasar, pedagang yang ada di gang-gang, peternak dan lain-lain. KUR lebih kepada pelaku usaha yang masih baru. Minimal mereka sudah memiliki usaha selama jangka waktu enam bulan," jelas Rahmad.

Setelah program tersebut dihentikan sementara waktu oleh pemerintah pada akhir 2014, BRI sejak Maret 2015 meluncurkan program Kupedes Rakyat. Syarat untuk mendapatkan fasilitas Kupedes Rakyat hampir sama dengan KUR.

"Sejak diluncurkan sekitar Maret, antusiasme pelaku usaha untuk mendapatkan Kupedes Rakyat BRI cukup lumayan. Sebagian besar nasah KUR yang telah selesai membayar angsurannya kita arahkan ke Kupedes Rakyat," jelasnya.

Selain Kupedes Rakyat, BRI menawarkan berbagai skim kredit untuk segmen mikro maupun ritel. Untuk segmen mikro, tersedia kredit konsumtif, kredit modal kerja dan investasi dengan nilai hingga Rp 200 juta yang bisa diajukan melalui BRI unit.

Nasabah juga bisa mendapatkan fasilitas kredit ritel pada kantor cabang pembantu dengan kisaran kredit dari Rp 200 juta - Rp 2 miliar. Sedangkan di tingkat kantor cabang tersedia layanan kredit dengan nilai Rp 500 juta ke atas.

"Untuk penyaluran kredit di Timika, hampir semua cukup bagus," tutur Rahmad.

Sejak beroperasi di Timika mulai periode 1990-an, BRI Timika sudah memiliki satu kantor cabang, satu kantor cabang pembantu, enam BRI unit, dua teras kantor dan dua teras keliling.

Guna memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi, BRI Timika menyediakan sekitar 30 ATM yang tersebar di berbagai wilayah seputaran Kota Timika seperti pusat perbelanjaan, hotel, kantor pemerintahan, bandara, tempat-tempat keramaian dan di Kuala Kencana. (Evarianus Supar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia