Penyebab Gigi Terasa Sakit Ketika Bangun Tidur, Cek di Sini



MOMSMONEY.ID - Sakit gigi saat bangun tidur? Inilah penyebab gigi terasa sakit ketika bangun tidur yang perlu Anda tahu.

Rasa sakit pada gigi saat bangun tidur bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu. Banyak orang mengalami hal ini tanpa mengetahui penyebab pastinya.

Jika Anda merasa sakit gigi ketika baru bangun tidur, ada beberapa kemungkinan penyebab yang mendasarinya.


Menyadur dari laman Alodokter, di bawah ini adalah beberapa penyebab gigi terasa sakit ketika bangun tidur:

1. Kebiasaan Menggertakkan Gigi

Anda mungkin menggertakkan gigi di malam hari tanpa menyadarinya. Ini bisa menyebabkan gigi dan rahang terasa nyeri saat bangun tidur.

Baca Juga: 10 Khasiat Buncis bagi Kesehatan, Bisa untuk Diet Turunkan Berat Badan

2. Posisi Tidur yang Salah

Tidur dengan posisi yang tidak nyaman, seperti meletakkan lengan di bawah rahang saat tidur miring, bisa menyebabkan nyeri pada gigi dan rahang.

3. Masalah pada Gigi dan Gusi

Gigi berlubang, infeksi pada gigi dan gusi, atau penumpukan plak dan karang gigi bisa menjadi penyebab sakit gigi saat bangun tidur.

4. Peradangan Sinus

Sinusitis atau peradangan pada sinus bisa menyebabkan rasa sakit di area sekitar gigi, terutama gigi atas.

Baca Juga: Khasiat Brokoli untuk Asam Lambung, Intip Tips Memasaknya di Sini!

Untuk mencari tahu penyebab sakit gigi Anda, cobalah beberapa langkah berikut:

  • Tanyakan pada anggota keluarga atau orang yang tinggal bersama Anda apakah Anda sering menggertakkan gigi atau tidur dalam posisi yang bisa menyebabkan nyeri pada rahang.
  • Perhatikan kondisi gigi dan gusi Anda. Apakah ada gigi berlubang, gusi yang bengkak, gigi patah, atau karang gigi yang menumpuk?
  • Amati jika ada gejala tambahan seperti lendir di tenggorokan, ingus hijau kental berbau, demam, sakit kepala, nyeri di wajah, atau gejala lainnya.
Untuk memastikan penyebabnya, sebaiknya kunjungi dokter gigi. Dokter gigi dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memberikan penanganan yang tepat untuk masalah gigi Anda.

Sementara itu, coba tidur dalam posisi yang benar, seperti tidur telentang jika memungkinkan. Jika nyeri gigi sangat mengganggu, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol untuk mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: 6 Makanan Terbaik untuk Meredakan Asam Lambung Anda, Layak Dicoba lo

Jaga kebersihan mulut dan gigi dengan menyikat gigi secara rutin dan melakukan pemeriksaan gigi secara berkala setiap 6 bulan sekali. Demikianlah ulasan lengkap terkait penyebab gigi terasa sakit ketika bangun tidur. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Prakiraan Cuaca Besok di Bukittinggi, Rabu (21/8): Hawa Dingin, Waspada Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas