Penyebab Kulit Kering pada Kucing dan Tips Pengobatan di Rumah



MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda bahwa kucing juga bisa mengalami kulit kering? Ya, kulit kering juga bisa terjadi pada kucing. Untuk itu, Anda perlu mengetahui penyebab kulit kering pada kucing berikut ini.

Penyebab kulit kering pada kucing bisa terjadi karena cuaca dan kondisi lingkungan. 

Kulit kucing Anda memerlukan sejumlah kelembapan untuk menjaga elastisitas dan ketahanannya. Lingkungan dengan kelembapan rendah dapat menyebabkan kulit menjadi kering.


Baca Juga: 6 Bahan Alami untuk Membuat Ramuan Masker Wajah yang Atasi Kulit Kering

Berikut penyebab kulit kering pada kucing:

1. Parasit 

Kondisi yang lebih serius dapat menyebabkan kulit kucing Anda kering, termasuk parasit seperti kutu dan tungau, kurap, alergi, infeksi jamur dan bakteri, perawatan berlebihan (perilaku obsesif-kompulsif), hipertiroidisme, dan diabetes.

Semua kondisi ini akan disertai gejala lain selain kulit kering.

Jika kucing Anda mengalami rasa gatal sedang hingga parah, kulit merah meradang, pustula, kerak, luka terbuka, infeksi telinga kronis, rambut rontok, penurunan berat badan, lesu, peningkatan frekuensi minum dan buang air kecil, atau nafsu makan yang tidak normal.

Inilah saatnya untuk menjadwalkan janji temu dengan dokter hewan Anda.

2. Kebutuhan nutrisi

Memberi makan dengan pola makan yang berkualitas rendah atau tidak seimbang dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang dapat menyebabkan kulit kering dan masalah kesehatan lainnya.

Jika Anda memberi makan makanan rumahan, konsultasikan dengan ahli gizi hewan untuk memastikan bahwa Anda menyediakan semua yang dibutuhkan kucing Anda.

3. Perawatan

Kegemukan dan radang sendi adalah dua alasan paling umum mengapa kucing tidak merawat dirinya sendiri dengan baik. Kucing yang kelebihan berat badan secara fisik tidak dapat membungkuk untuk menjangkau seluruh tubuhnya, dan kucing yang menderita radang sendi mungkin mengalami rasa sakit saat melakukannya.

Baca Juga: Penggemar Kucing Wajib Nonton 4 Rekomendasi Film Tentang Kucing Berikut Ini

Bahkan, kucing dewasa muda akan berhenti merawat dirinya sendiri jika mereka sakit dan merasa tidak enak badan.

Bantu kucing Anda dengan membantunya merawat dirinya sendiri hingga ia mampu melakukannya sendiri lagi.

Sisir kucing Anda sekali sehari, terutama di area yang sulit dijangkau seperti bagian belakang, perut, dan belakang telinganya.

Mandi sesekali juga mungkin diperlukan untuk membantu menjaga bulu dan kulit kucing Anda tetap dalam kondisi terbaiknya.

Lalu, bagaimana mengatasi kulit kering pada kucing? Nah, berikut ini tips pengobatan di rumah:

- Gunakan pelembap udara untuk meningkatkan kelembapan di rumah Anda.

- Berikan kucing Anda makanan berkualitas tinggi yang direkomendasikan dokter hewan dengan kadar lemak dan protein yang tinggi.

Baca Juga: Cara Menjaga Kucing & Anjing supaya Tidak Terkena Racun

- Tambahkan suplemen asam lemak. Ingatlah bahwa tidak semua suplemen dibuat sama, jadi pilihlah produk yang memiliki Segel Kualitas National Animal Supplement Council atau direkomendasikan oleh dokter hewan Anda.

- Sisir bulu kucing Anda secara teratur untuk membantu mendistribusikan minyak dari kulitnya ke seluruh bulunya dan untuk menghilangkan bulu mati.

- Jika Anda harus memandikan kucing Anda, pastikan untuk menggunakan produk yang aman untuk kucing.

Sampo oatmeal adalah pilihan yang bagus untuk menenangkan kulit kering atau sensitif.

Jika kulit kering kucing Anda berlanjut atau menjadi kronis, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan kucing Anda untuk langkah selanjutnya menuju solusi.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai penyebab kulit kering pada kucing dan tips pengobatannya.  

Selanjutnya: Per Agustus, Asosiasi Catat Total Investasi DPPK dan DPLK Mencapai Rp 366,2 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria