Penyebab Tidak Bisa Beli Token Listrik PLN dan Solusi untuk Pelanggan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada beberapa alasan tidak bisa beli token listrik PLN untuk jam yang dapat dialami pelanggan. Tidak jarang pengguna mengalami kesulitan saat ingin membeli token listrik PLN, terutama pada jam-jam tertentu.

Banyak pelanggan PLN bertanya-tanya mengapa transaksi pembelian token listrik tidak dapat dilakukan, khususnya pada tengah malam.

Masalah ini umumnya terjadi akibat pemeliharaan sistem atau rekonsiliasi data yang dilakukan oleh PLN, yang mengakibatkan server tidak dapat memproses transaksi.


Baca Juga: Tata Cara Registrasi hingga Aktivasi Internet Banking Bank Mandiri Terbaru

Penyebab tidak bisa token listrik PLN

Ada beberapa penjelasan terkait mengapa sebagian masyarakat tidak bisa membeli token listrik pada pukul 12 malam.

Pada rentang waktu antara pukul 23.00 hingga 01.00 WIB, server PLN sedang menjalani proses rekonsiliasi data atau pemeliharaan sistem. Selama waktu ini, semua transaksi, termasuk pembelian token listrik, tidak dapat diproses.

Waktu tersebut dapat berbeda tergantung dari channel pembayaran, semisal Tokopedia. Platform marketplace memberikan catatan bahwa Transaksi pembelian dari pukul 23.30-00.30 WIB akan diproses setelahnya.

Baca Juga: Tarif PPN 12% Berpotensi Menambah Biaya Produksi Batubara

Penyebab utama tidak bisa membeli token listrik pada tengah malam antara lain:

  • Pemeliharaan sistem
  • Batasan transaksi harian
  • Gangguan pada jaringan atau server
Transaksi yang dilakukan dalam periode tersebut akan diproses kembali setelah pemeliharaan selesai, yakni setelah pukul 01.00 dini hari.

Solusi untuk menghindari kesulitan pelanggan, transaksi pembelian token listrik tidak disarankan pada pukul 23.00 hingga 01.00 WIB.

Baca Juga: PLN Bakal Melibatkan Swasta Bangun Pembangkit Listrik Hijau

Cara beli token via PLN Mobile

Saat Anda kehabisan token listrik di tengah malam, Anda dapat membeli token melalui aplikasi PLN Mobile dengan langkah-langkah berikut:

  • Instal aplikasi PLN Mobile melalui Google Play.
  • Masuk ke menu utama dan tambahkan nomor meteran atau ID PLN.
  • Pilih menu beli token listrik dan masukkan ID pelanggan.
  • Tentukan nominal dan lakukan pembayaran melalui virtual account bank yang dipilih.
  • Klik "Periksa" untuk menyelesaikan transaksi.
Baca Juga: Dukung Energi Terbarukan, Berkat Cawan Energi Akan Kembangkan 2 PLTA di Sukabumi

Saat notifikasi pembelian belum selesai, nantinya sistem akan secara otomatis memberikan notifikasi ke pelanggan saat token sudah siap digunakan.

Ketika Anda masih menemui masalah gagal memasukkan token, Anda bisa menghubungi call center PLN 123 dan siapkan nomor pelanggan token listrik.

Demikian informasi terkait penjelasan dari penyebab tidak bisa beli token listrik PLN untuk jam tertentu dan solusinya.

Tonton: Cek Jumlah Daya Listrik yang Ideal untuk Charger Mobil Listrik di Rumah

Selanjutnya: Jadwal SIM Keliling Jakarta Hari Ini (30/11), Segera Perpanjang SIM Sebelum Libur

Menarik Dibaca: Promo KFC Super Family Special & Tebus Murah 1 Ayam Rp 4.545

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News