Per April 2022, Penyaluran Kredit BRI Tumbuh 9,75%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyaluran kredit perbankan semakin bergairah hingga memasuki kuartal II 2021. Bank Indonesia mencatat, kredit per April 2022 tumbuh 9,1% secara year on year (yoy). Capaian ini meningkat signifikan dari Maret yang baru mencatat pertumbuhan 6,67% yoy. 

Pertumbuhan kredit perbankan terutama ditopang segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berhasil tumbuh 16,76% yoy.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sebagai bank yang fokus di segmen UMKM telah mencatat pertumbuhan kredit lebih tinggi dari industri. 

Baca Juga: Perbankan Optimistis Bisnis Kartu Kredit Bakal Melesat, Berikut Faktor Penopangnya

Secara bank only, kredit bank pelat merah ini per April 2022 tumbuh 9,75% yoy. Maklum, portofolio kredit bank ini memang lebih dari 80% berasal dari segmen UMKM yang tercatat semakin bergairah. 

"Untuk kredit segmen UMKM tercatat terus meningkat, dengan kredit mikro tercatat tumbuh paling tinggi yakni sebesar 15,61%. Untuk segmen korporasi (non UMKM) juga tercatat tumbuh positif sebesar 4,47% yoy," jelas Aestika Oryza Gunarto Sekretaris Perusahaan BRI pada Kontan.co.id, Kamis (26/5).

Seiring realisasi kredit sampai April, BRI optimistis target kredit tahun ini yang ditetapkan sebesar 9%-11% akan tercapai. 

Bahkan, Aestika bilang, BRI juga tetap membuka raung untuk merevisi naik target kredit tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi