Per Juni 2024, Komposisi Pembiayaan UMKM Amar Bank Capai 51% dari Total Kredit



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) aktif menyalurkan kredit kepada segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Per Juni 2024, komposisi pembiayaan UMKM mencapai 51% dari total pinjaman Amar Bank.

Tercatat, penyaluran pinjaman Amar Bank mencapai Rp 2,8 triliun atau meningkat 25,3% secara tahunan atau year on year (yoy) per Juni 2024.

Senior Vice President Finance Amar Bank David Wirawan mengatakan, pencapaian ini didorong oleh inovasi teknologi dan digital yang dikembangkan Amar Bank. 


Baca Juga: Bank Digital Mulai Melirik Penyaluran Kredit Segmen UMKM

Perusahaan akan terus meningkatkan layanan demi menjangkau lebih banyak nasabah, khususnya UKM yang menjadi fokus utama di tahun 2024.

Saat ini, perusahaan telah menawarkan dua layanan perbankan inovatif yaitu aplikasi Amar Bank Digital dan Tunaiku. Aplikasi Amar Bank Digital sendiri merupakan platform mobile-only berbasis cloud pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) yang dipersonalisasi.

Sedangkan Tunaiku adalah produk teknologi finansial yang menawarkan pinjaman tanpa agunan dengan proses yang mudah dan cepat. Menurutnya, produk ini ditujukan untuk masyarakat yang underbanked dan unbanked.

"Amar Bank menargetkan pertumbuhan penyaluran kredit tahunan minimal 20% hingga 30%. Target ini dievaluasi setiap kuartal berdasarkan perkembangan internal dan permintaan masyarakat," kata David kepada Kontan.co.id.

Baca Juga: Bagikan Dividen Interim, Amar Bank Konsisten Tumbuh Secara Berkelanjutan

David menjelaskan bahwa Amar Bank berkomitmen menyediakan solusi keuangan digital yang inovatif dan menjalankan penyaluran pinjaman secara hati-hati. Perusahaan juga berupya membangun ekosistem melalui embedded banking dengan mitra terpercaya.

Inovasi ini memungkinkan platform digital non-perbankan, seperti e-commerce dan fintech peer-to-peer lending, mengintegrasikan layanan perbankan digital ke dalam platform Amar Bank.

Selanjutnya: Putus Jalur Suplai Logistik Rusia, Ukraina Hancurkan Jembatan di Kursk

Menarik Dibaca: Katalog Promo Alfamidi Hemat Satu Pekan Periode 19-25 Agustus 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi