KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Per kuartal I-2019, perusahaan retail PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) telah menggelontorkan Rp 82 miliar untuk belanja modal atau capital expenditure (capex). Dengan begitu, MAPA telah menyerap 27,3% dari capex yang dianggarkan untuk 2019 sebesar Rp 300 miliar. Sebagai informasi, besaran capex ini meningkat 18,57% dari nilai capex tahun lalu yang sebesar Rp 253 miliar. Direktur Keuangan MAPA Miquel Rodrigo Staal mengatakan, capex ini digunakan untuk membuka gerai-gerai baru MAPA yang terdiri dari berbagai tier. Mulai dari gerai dengan multi-brand, mono-brand, dan juga gerai yang dibuka di Ramayana untuk menyasar konsumen menengah ke bawah.
Memang, gerai retail multi-tier menjadi salah satu strategi MAPA untuk memperluas jangkauan pasarnya. Sekretaris Perusahaan MAPA Ratih D. Gianda mengatakan, gerai retail multi-tier MAPA ditujukan untuk pelanggan dengan segmentasi pasar dari premium maupun menengah ke bawah, baik secara online dan offline. "Konsep kita kan ada yang multi-brand seperti Planets Sports.Asia dan Athlete's Foot. Antar multi-brand juga beda. Planet Sport.Asia itu untuk segmen atas, sedangkan Sport Station lebih menyasar orang-orang yang mencari harga yang masuk akal," kata dia, Rabu (15/5). Asal tahu saja, Sport Station menjadi gerai multi-brand paling banyak dalam portofolio MAPA. Menurut Ratih, tahun lalu MAPA memiliki sebanyak 354 gerai Sport Station. Menurut dia, strategi gerai multi-tier ini menjadi pendorong peningkatan pendapatan MAPA pada tahun lalu. Sebagai informasi, pendapatan MAPA per 2018 tumbuh 23% secara tahunan, dari 5,1 triliun menjadi Rp 6,2 triliun. Sementara itu, pendapatan MAPA per kuartal I-2019 adalah Rp 1,51 triliun atau meningkat 14,7% dari periode sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 1,32 triliun.