KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren belanja online di e-commerce terus meningkat selama pandemi. Perbankan turut meraup berkah dari peningkatan transaksi e-commerce, termasuk pada perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11.11. PT Bank Central Asia Tbk (BCA), misalnya, mencatatkan total transaksi e-commerce sebesar Rp 285 triliun hingga Oktober 2021. Nilai itu meningkat lebih dari 50% dari realisasi Januari - Oktober 2021. Diperkirakan transaksi terus melonjak, khususnya pada momen belanja 11.11. Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan, pihaknya telah mencermati bahwa pertumbuhan transaksi e-commerce, terus terjadi, khususnya di masa pandemi Covid-19.
"Seiring dengan meningkatnya transaksi belanja di e-commerce, kerjasama promosi BCA terus lakukan misalnya dengan Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com, Shopee, Lazada, Tiket.com, Traveloka, serta dengan e-commerce lainnya dalam berbagai program," kata Hera, Kamis (11/11). Baca Juga: Bank Mandiri bidik investor milenial, ini upaya yang dilakukan Tak puas sampai situ, BCA baru- baru ini juga berkolaborasi dengan Blibli, meluncurkan Kartu Kredit BCA Blibli Mastercard. BCA juga berkolaborasi dengan Tiket.com meluncurkan kartu kredit Mastercard tiket.com yang akan mendukung traveler untuk jalan-jalan sesuai dengan rencana. Melalui strategi tersebut, bank swasta terbesar di Indonesia itu akan terus memperkuat kapabilitas pembayaran online dan membangun ekosistem cashless society dengan menggandeng mitra strategis seperti e-commerce dan fintech. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) CIMB Niaga juga raup berkah berkat peningkatan belanja online. Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan transaksi digital, terutama e-commerce meningkat hampir dua kali lipat pada September 2021.