KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta kini telah menerapkan teknologi Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Gambir. Eva Chairunisa Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta mengatakan, teknologi ini mulai dapat dimanfaatkan para pengguna jasa mulai Rabu 17 Mei 2023. Saat ini terdapat 4 Boarding Gate dengan teknologi Face Recognition di area hall selatan Stasiun Gambir. "Pelanggan yang melakukan
boarding melalui Face Recognition Gate tidak perlu lagi menunjukkan KTP atau bukti
print tiket," kata Eva dalam keterangan tertulis, Rabu (17/5).
Eva menambahkan, untuk dapat menikmati fasilitas tersebut, pelanggan cukup melakukan satu kali registrasi atau pendaftaran yang berlaku seterusnya. Termasuk saat berada di stasiun lain yang sudah memiliki fasilitas Face Recognation Boarding Gate.
Baca Juga: Jadwal KA Jarak Jauh Berubah Per 1 Juni 2023, Berikut Rute dan Waktu Perubahannya Di Stasiun Gambir, proses registrasi dapat dilakukan pada mesin Check In Counter (CIC) atau melalui petugas layanan khusus yang berada di area hall selatan. Eva mengatakan, proses registrasi tidak dapat diwakili. Pelanggan cukup membawa e-KTP proses registrasi dapat langsung dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada perangkat
reader, kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader. "Jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak
boarding pass. Pelanggan dapat langsung menuju ke Face Recognition Boarding Gate jika waktu untuk
boarding sudah dapat dilakukan. Arahkan wajah ke mesin pemindai dan jika data tiket, identitas, dan syarat lainnya sudah sesuai, maka gate akan otomatis terbuka," kata dia. Selain di Stasiun Gambir, Face Recognition Boarding Gate saat ini sudah terpasang di Stasiun Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Malang dan Solo Balapan.
Baca Juga: KAI Tambah Lima Rute Perjalanan Kereta Api Baru Mulai 1 Juni 2023 "Untuk itu bagi pelanggan KA yang sudah pernah menggunakan layanan serupa di stasiun-stasiun tersebut, tidak perlu melakukan registrasi lagi di Stasiun Gambir," kata Eva. Adapun bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP seperti pelanggan anak atau e-KTP dalam keadaan rusak tidak perlu khawatir, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui petugas layanan yang tersedia. Selain itu KAI juga masih menyediakan layanan
boarding manual di Stasiun Gambir. Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan
boarding pada area pemeriksaan tiket yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui pindai wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta milik penumpang yang ada pada sistem boarding KAI. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Wahyu T.Rahmawati