KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pola konsumsi masyarakat yang disebut-sebut bergeser, benar adanya. Masyarakat kini lebih senang membelanjakan uangnya untuk kebutuhan dasar, dibanding membelanjakan uangnya untuk produk konsumen yang bergerak cepat atau Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Berdasarkan riset Nielsen, pengeluaran masyarakat saat ini fokus pada tiga hal, yaitu makanan, pendidikan, serta kenyamanan dan gaya hidup (leisure dan lifestyle). Pengeluaran ketiganya menunjukkan pertumbuhan signifikan di tahun ini, dibanding pertumbuhan tahun 2016. Bahkan, pola tersebut terjadi pada seluruh kelompok masyarakat, baik masyarakat kelas, kelas menengah, maupun kelas bawah.
Pergesaran pola konsumsi masyarakat versi Nielsen
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pola konsumsi masyarakat yang disebut-sebut bergeser, benar adanya. Masyarakat kini lebih senang membelanjakan uangnya untuk kebutuhan dasar, dibanding membelanjakan uangnya untuk produk konsumen yang bergerak cepat atau Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Berdasarkan riset Nielsen, pengeluaran masyarakat saat ini fokus pada tiga hal, yaitu makanan, pendidikan, serta kenyamanan dan gaya hidup (leisure dan lifestyle). Pengeluaran ketiganya menunjukkan pertumbuhan signifikan di tahun ini, dibanding pertumbuhan tahun 2016. Bahkan, pola tersebut terjadi pada seluruh kelompok masyarakat, baik masyarakat kelas, kelas menengah, maupun kelas bawah.