Peringatan AS Tentang Satu Hal Penting yang Dapat Menghantui Israel Jika Diabaikan



KONTAN.CO.ID - ROMA. Pada Rabu (23/10/2024), Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan bahwa kegagalan Israel untuk melindungi warga sipil di Gaza dapat menciptakan reaksi keras antargenerasi dan menciptakan lebih banyak pemberontak anti-Israel di masa mendatang.

Mengutip Reuters, berbicara kepada wartawan di Roma, Austin mengatakan ia mengemukakan perlunya mengatasi kebutuhan kemanusiaan warga sipil dalam setiap panggilan teleponnya dengan mitranya dari Israel, Yoav Gallant.

Dalam setiap panggilan telepon, Austin mengatakan ia menyebutkan perlunya Israel untuk lebih cermat selama operasi militer terhadap kelompok militan Palestina Hamas untuk membatasi korban sipil, dan menyebutkan perlunya memberikan bantuan kemanusiaan kepada penduduk sipil.


"Kegagalan untuk melakukan itu akan menciptakan generasi Palestina yang benar-benar akan terus menolak bekerja sama dengan Israel di masa mendatang. Jadi Anda sebenarnya meningkatkan jumlah pemberontak ... jika Anda gagal melakukan itu," kata Austin.

Dia menambahkan, "Menurut saya, itu adalah keharusan strategis."

Baca Juga: Israel Serang Tyre, Lebanon, Kota Pelabuhan Itu Kini Jadi Kota Hantu

Para pejuang yang dipimpin Hamas melancarkan serangan di kota-kota Israel pada 7 Oktober 2023, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut penghitungan Israel.

Pengeboman Israel berikutnya di Gaza telah menewaskan lebih dari 42.500 warga Palestina, dengan 10.000 korban tewas lainnya yang belum dikonfirmasi diduga terkubur di bawah reruntuhan, kata otoritas kesehatan Gaza.

Israel telah mengintensifkan serangan di tepi utara Gaza sejak membunuh pemimpin Hamas minggu lalu. Otoritas kesehatan melaporkan pada hari Rabu sedikitnya 20 orang tewas dalam serangan Israel baru-baru ini, sebagian besar di utara.

Selain kehancuran massal, warga Gaza menghadapi kekurangan makanan, air, bahan bakar, obat-obatan, dan perawatan medis yang layak.

Amerika Serikat adalah sekutu terdekat Israel, dan telah mendukung upaya Israel untuk mengejar Hamas, yang didukung oleh Iran.

Namun, surat rahasia dari Austin dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken kepada pejabat Israel minggu lalu menuntut tindakan konkret untuk mengatasi situasi kemanusiaan yang memburuk di Gaza, atau menghadapi potensi pembatasan bantuan militer AS.

Baca Juga: Militer Israel Bunuh Tiga Komandan Hezbollah dan 70 Pejuang dalam 48 Jam Terakhir

Austin menolak untuk membahas surat tersebut secara terbuka.

"Kemampuan untuk mencapai tujuan Anda secara militer dalam hal mencapai tujuan dan melindungi warga sipil di medan pertempuran ... Anda dapat melakukan kedua hal itu. Keduanya tidak saling eksklusif," kata Austin.

Israel mengatakan tidak memberlakukan pembatasan apa pun terhadap bantuan yang mencapai Gaza dan menyalahkan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan kelompok internasional lainnya karena gagal mendistribusikan bantuan yang masuk ke daerah kantong itu. 

Israel juga mengatakan Hamas menjarah konvoi bantuan, tuduhan yang dibantah kelompok itu.

Israel menegaskan, pihaknya melakukan segala upaya yang mungkin untuk menghindari jatuhnya korban sipil dan menuduh Hamas sengaja menempatkan pejuangnya di daerah pemukiman dan menggunakan warga sipil sebagai tameng manusia.

Austin mengakui taktik Hamas menggunakan warga sipil sebagai tameng manusia.

"Jangan membohongi diri sendiri, ini adalah medan pertempuran yang rumit dan sangat, sangat sulit," kata Austin.

"Jadi... Israel perlu melakukan segala yang mereka bisa untuk berhati-hati dalam melindungi warga sipil di medan pertempuran," lanjutnya.

Selanjutnya: Kredit Menganggur Perbankan Kian Menumpuk, Ini Penyebabnya

Menarik Dibaca: Promo KFC Oktober-Desember 2024, Tebus Murah 1 Chicken Rp 4.545

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie