Peringatan dini BMKG: Hari ini hujan lebat berpotensi mengguyur 9 provinsi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang hari ini (18/11) berpotensi terjadi di 9 provinsi di Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tersebut.

Mengutip laman BMKG, potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang bisa terjadi, misalnya, di Bangka Belitung, Sumatra Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua Barat pada Senin (18/10). Berikut peringatan dini lengkap dari BMKG:

Baca Juga: Catat, hujan lebat berpeluang turun sepekan ke depan di daerah-daerah ini

Bangka Belitung

Waspada potensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat dan guntur pada pagi siang hari di wilayah Bangka Selatan, Bangka Barat, Bangka, Bangka Tengah, Belitung, dan Belitung Timur.

Jambi

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang/sore dan malam hari di wilayah Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Batanghari, Muaro Jambi, Jambi, Sarolangun, Merangin, Bungo, Tebo, dan Sungai Penuh.

Baca Juga: BMKG: Puncak musim hujan Januari-Februari, waspadai cuaca ekstrem November-Desember

Kalimantan Tengah

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bisa disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Sukamara, Lamandau, Kotawaringin Barat, Seruyan, Kotawaringin Timur, Katingan, dan sekitarnya. 

Editor: S.S. Kurniawan