Peringatan untuk Ukraina dan Barat, Rudal Meluncur Melintasi Rusia Barat Laut



KONTAN.CO.ID - Pada Jumat (18/10/2024), Rusia sedang menguji kesiapan unit rudal yang menjadi bagian dari pasukan nuklir strategisnya. 

Menurut kementerian pertahanan Rusia, hal ini dilakukan sebagai peringatan terbaru dari serangkaian sinyal peringatan kepada Ukraina dan Barat.

Melansir Reuters, uji coba tersebut berlangsung di wilayah Tver, barat laut Moskow, pada minggu yang sama ketika NATO melakukan latihan nuklir tahunannya dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengungkap "rencana kemenangannya" untuk perang tersebut.


Inspeksi tersebut melibatkan unit yang dilengkapi dengan rudal balistik antarbenua Yars, yang memiliki jangkauan hingga 11.000 km (6.835 mil) - cukup jauh untuk menyerang kota-kota AS - dan mampu mengirimkan beberapa hulu ledak nuklir.

Menurut kementerian tersebut, pasukan berlatih memindahkan rudal di lapangan pada jarak hingga 100 km (62 mil) di bawah kamuflase dan melindunginya dari serangan udara dan kelompok sabotase musuh.

Video yang dipublikasikan oleh saluran berita militer Zvezda, disertai musik dramatis, memperlihatkan rudal-rudal diluncurkan dari hanggar dengan peluncur bergerak beroda besar dan melaju melalui jalan darat di malam hari. Rekaman lain memperlihatkan tentara bergerak melalui hutan dan menembakkan senjata.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bulan lalu bahwa Moskow telah memperluas daftar skenario yang dapat mendorongnya untuk menggunakan senjata nuklir, yang secara efektif menurunkan ambang batas penggunaannya.

Baca Juga: Ini Peringatan Rusia kepada Israel Terkait Nuklir Iran

Ukraina menuduh Moskow melakukan pemerasan nuklir, dan kepala baru NATO Mark Rutte mengatakan aliansi itu tidak akan terintimidasi oleh ancaman Rusia.

Rusia sebelumnya mengadakan dua putaran latihan yang melibatkan unit rudal Yars pada bulan Juli. Rusia juga telah mengadakan tiga set latihan tahun ini untuk menguji persiapan peluncuran rudal nuklir taktis, yang memiliki jangkauan lebih pendek dan hasil lebih rendah daripada roket strategis antarbenua.

Sejak invasi skala penuh Rusia ke Ukraina, Putin telah sering mengingatkan bahwa Moskow memiliki persenjataan nuklir terbesar di dunia. Akan tetapi, ia bersikeras bahwa Rusia tidak perlu menggunakan senjata nuklir untuk mencapai kemenangan di medan perang.

Tonton: Ini Peringatan Rusia kepada Israel Terkait Nuklir Iran

Kementerian Pertahanan mengatakan secara terpisah pada hari Jumat bahwa mereka telah melakukan uji coba rudal jelajah Kalibr, senjata lain yang mampu membawa hulu ledak nuklir.

Dikatakan bahwa Kalibr diluncurkan dari sebuah fregat di Laut Barents dan mengenai sasaran sejauh lebih dari 1.300 km di wilayah Arkhangelsk di Rusia utara.

Selanjutnya: Cegah Lonjakan Harga, Perlu Strategi Efektif Tetapkan Tarif Angkutan Batubara

Menarik Dibaca: Promo McD Promo Gratis 1 Gelas Collector’s Edition, Ada 5 Pilihan Gambar Terbaru 2024

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie