Peringati Hari Kesehatan Mental Dunia, Hindari Konsumsi 5 Makanan Berbahaya Ini



MOMSMONEY.ID - Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh tepat setiap 10 Oktober, ada baiknya kita semua menjaga kesehatan mental kita dengan menghindari makanan berikut ini.

Beberapa makanan berikut ini dikenal dapat merusak kesehatan mental secara menyeluruh. Bahkan ada pula makanan yang bisa menyebabkan depresi & pikiran bunuh diri.

Simak deretan makanan perusak kesehatan mental, berikut ini.


Baca Juga: Rawan Dehidrasi, Begini Cara Jaga Kebugaran Tubuh saat Cuaca Panas Ekstrem

MSG

MSG atau Monosodium Glutamat yang biasa dipakai sebagai penambah rasa masakan telah terbukti berdampak buruk bagi otak.

Melansir Amen Clinics, MSG termasuk golongan eksitotoksin yang merangsang reseptor neuron secara berlebihan. Jika berkepanjangan, maka akan menguras & melemahkan neruron, bahkan kematian.

Aktivitas listrik dari zat eksitotoksin seperti MSG bisa mengubah aktivitas otak yang mengakibatkan ledakan emosi, serangan panik, pikiran bunuh diri, dan kebingungan. Tentu makanan ini dapat merusak kesehatan mental.

Baca Juga: Metode Masak Sehat Tanpa Bikin Gizi Hilang, Cocok Diaplikasikan untuk Keluarga

Roti

Pati putih olahan seperti kentang, nasi putih, maupun roti putih dapat merusak kesehatan mental & kondisi emosimu. Meski memang karbohidrat tetap diperlukan tubuh, namun pati ini dapat meningkatkan kadar gula darah yang akhirnya mempengaruhi suasana hati.

Mood Anda akan tiba-tiba berubah menjadi buruk bahan meski tidak memiliki riwayat kesehatan mental.

Penelitian yang dikutip dalam food network menunjukkan bahwa satu-satunya cara perbaiki mood & kondisi emosional Anda adalah dengan menghindari roti & aneka makanan yang mengandung pati putih.

Kafein

Baca Juga: 6 Kopi Termahal di Dunia, Ada yang Berasal dari Kotoran Gajah

Asupan kafein yang tinggi dan dikonsumsi sepanjang hari dapat merusak kesehatan mentalmu. Bagaimana tidak, kafein membuat saraf jadi tegang, lebih cemas, serta mudah gelisah.

Namun kabar baiknya, asupan kafein dalam dosis rendah, seperti teh hijau, justru mampu membuat suasana hati lebih bahagia secara keseluruhan.

Gula

Makanan manis secara umum bisa merusak kesehatan mentalmu. Jason Phillips, seorang psikolog klinis berlisensi, mengatakan bahwa makanan manis, terutama gula, berpotensi meningkatkan peradangan dalam tubuh yang nantinya akan berkaitan erat dengan depresi.

Bahkan sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition melalui Huff Post menunjukkan bahwa makanan manis dan bertepung dapat menyebabkan depresi.

Ajaibnya, gula alami pada buah justru berbeda dengan jenis gula pada makanan manis.

Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mengemil buah cenderung tidak mengalami gejala depresi.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Ini 4 Makanan yang Mengandung Endorfin, Bikin Mood Bahagia!

Ikan bermerkuri

Baca Juga: Simak 4 Cara Bikin Kopi Selezat Buatan Kafe, Sudah Tahu Caranya?

Meski ikan dinilai sebagai makanan super yang punya gizi berlimpah, namun sebisa mungkin hindari ikan yang bermerkuri tinggi seperti kerang hijau, tuna, hiu, makarel, ikan todak, dsb.

Merkuri dapat merusak otak & saraf. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 melalui Amen Clinics menemukan hubungan antara paparan merkuri & gangguan neurologis, perubahan mood, dan kesulitan mengatur emosi, serta gangguan pencernaan.

Nah bagi Anda yang ingin stabil secara emosi, mulai sekarang hindari berbagai jenis makanan di atas yang dapat merusak kesehatan mental, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti