Perkuat Bisnis di AS, MUFG Beli Saham US Bancorp Seharga US$ 936 Juta



KONTAN.CO.ID - TOKYO. Mitsubishi UFJ Financial Group Inc (MUFG) akan membeli saham US Bancorp senilai US$ 936 juta. Pembelian saham ini akan memperdalam aliansi Mitsubishi UFJ  setelah menjual bisnis perbankan regionalnya ke pemberi pinjaman asal Amerika Serikat (AS) tersebut pada tahun lalu.

Dikutip dari Bloomberg, kesepakatan itu secara efektif menukar utang US Bancorp ke bank terbesar Jepang tersebut ketika membeli MUFG Union Bank pada Desember 2022, menurut pernyataan dari kedua perusahaan. Hasil penjualan saham itu akan digunakan untuk membayar sebagian pinjaman US Bancorp senilai US$ 3,5 miliar, dengan sisanya akan jatuh tempo pada Desember 2027.

Bank-bank Jepang telah berkembang di AS dan di tempat lain dalam beberapa tahun terakhir karena suku bunga yang sangat rendah dan pertumbuhan ekonomi yang lemah menghambat peluang di dalam negeri Jepang.


"MUFG menjual Union Bank sebesar US$ 8 miliar untuk fokus membangun perbankan korporasi dan investasi di Amerika Serikat. Itu akan berlanjut dengan strategi itu,"  kata seorang pejabat senior.

Baca Juga: Akuisisi Mandala Finance oleh MUFG Diperkirakan Rampung Awal Tahun Depan

Pembelian 24 juta saham tersebut akan meningkatkan kepemilikan MUFG di US Bancorp menjadi 4,39% saham. Kedua bank tersebut mengatakan transaksi tersebut akan memperkuat hubungan strategis yang terjalin dengan Union Bank.

Peluang ini akan mencakup digitalisasi, transaksi perusahaan, layanan keuangan untuk klien Jepang, dan bisnis pasar global, kata MUFG dalam sebuah pernyataan.

Pemberi pinjaman yang berbasis di Tokyo itu telah menandatangani perjanjian dukungan likuiditas dolar AS dengan unit bank di AS untuk memperkuat kemampuan pendanaan non-yen. Bagi MUFG dan bank-bank Jepang lainnya, pendanaan dolar AS yang stabil dan murah telah menjadi salah satu tantangan terbesar dalam melakukan bisnis di AS, karena mereka tidak memiliki basis simpanan ritel yang besar.

Editor: Khomarul Hidayat