Perkuat Layanan Jasa Marine, Pertamina Trans Kotinental Gandeng Pelindo



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), anak usaha dari PT Pertamina International Shipping (PIS) telah melaksanakan sinergi dengan PT Pelindo Jasa Maritim (PJM) berupa penandatanganan Nota Kesepahaman tentang sinergitas dan integrasi dalam optimalisasi kerja sama pelayanan jasa pemanduan dan penundaan kapal, pemeliharaan dan penyediaan peralatan pelabuhan.

“Melalui kolaborasi Pelindo Jasa Maritim dan Pertamina Trans Kontinental , dipastikan bisnis akan menjadi lebih optimal bagi kedua perusahaan,” ungkap Direktur Utama Pertamina Trans Kontinental, Nepos MT Pakpahan dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Kamis (7/4).

Meskipun dimulai dengan langkah kecil, Nepos optimistis dengan adanya sinergi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi negara sesuai dengan peran perusahaan.

Pada kesempatan ini, Nepos juga mengatakan bahwa kata kunci dari kerja sama ini adalah optimalisasi. Lebih jelasnya, optimalisasi sinergi dari kekuatan yang dimiliki kedua Perusahaan harus memberikan kebaikan bagi kedua belah pihak, baik Pertamina Trans Kontinental  dan Pelindo Jasa Maritim.

Baca Juga: Pertamina Gandeng Mitsui Jajaki Komersialisasi CCUS di Indonesia

Menurutnya, cukup banyaknya intersection bisnis Pertamina Trans Kontinental dan Pelindo Jasa Maritim membuat kedua perusahaan beritikad untuk bekerja sama untuk menguatkan dan memperluas market.

Penandatanganan MoU ini merupakan ceremony awal kerjasama ke depan. Dan sesuai dengan strategi jangka panjang Pertamina Trans Kontinental yaitu HOIST, yang salah satunya yaitu meningkatkan sinergi dengan entitas bisnis BUMN, Pertamina Trans Kontinental mengupayakan kerja cepat dan akurat yang bertujuan mendapatkan impact bisnis yang konkret.

Prasetyadi, Direktur Utama Pelindo Jasa Maritim menambahkan, kerja sama antara Pertamina Trans Kontinental dan Pelindo Jasa Maritim ini sangat potensial, melalui sinergi dari kedua perusahaan ini bisa saja meng-handle pelabuhan yang ada di seluruh Indonesia.

“Semoga tim gabungan dari PTK dan PJM bisa menuntaskan model bisnis yang tepat sehingga bisa segera diimplementasikan di lapangan,” jelasnya.

Sinergi antara kedua perusahaan ini dinilai akan semakin memastikan efisiensi operasional kegiatan jasa maritim di lingkungan Migas, khususnya seputar kegiatan layanan jasa pemanduan dan penundaan, serta pemeliharaan dan penyediaan peralatan Pelabuhan.

Baca Juga: Sepanjang 2021, Pertamina International Shipping Raup Laba US$ 127,51 juta

Dalam hal ini, kedua pihak sepakat untuk melaksanakan sinergi usaha dengan prinsip yang saling menguntungkan, efisien, efektif, dan profesional.

Sebagai informasi tambahan, Memorandum of understanding (MoU) ditandatangani oleh Direktur Utama Pertamina Trans Kontinental, Nepos MT Pakpahan dan Direktur Utama Pelindo Jasa Maritim , Prasetyadi.

Penandatanganan MOU ini dihadiri juga oleh Direksi Pelindo Jasa Maritim yaitu Direktur Keuangan & Manajemen Resiko, Choirul Anwar beserta manajemen, jajaran Direksi Pertamina Trans Kontinental meliputi Direktur Pemasaran, Imam Bustomi; Direktur Operasi, Hadi Purnomo, dan Direktur Keuangan dan SDM, Afan Aftory, beserta Tim Manajemen PTK Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari