Perkuat logistik, Zalora buka gudang di lima kota



JAKARTA. Untuk meningkatkan penjualan dan pelayanan, Zalora memperkuat sistem distribusi dan logistiknya di luar Jakarta. Ada lima kota yang disasar, yakni Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Bali. Di kelima kota tersebut, Zalora akan membangun pusat penyimpanan barang sementara atau hub.

Operations Warehouse Manager Zalora Indonesia Oki Hermawan mengatakan, dipilihnya lima kota tersebut dikarenakan pertumbuhan bisnis yang baik.

"Hub di sana berfungsi sebagai dropping barang dari warehouse pusat, lalu di antar langsung oleh pengantar dari logistik Zalora yang bernama Zidex," ujarnya, Rabu (4/3).


Zidex adalah sistem logistik dan distribusi yang dimiliki dan dibuat oleh Zalora. Zidex mengantarkan pesanan produk dari warehouse Zalora ke tempat pelanggannya.

"Saat ini kami memiliki kurang lebih 90 vehicles untuk mengantarkan barang. Setiap vehicles sanggup mengangkut kurang lebih 2.500 item produk setiap harinya," katanya.

Selain menggunakan logistik internal, Zalora juga menggandeng beberapa perusahaan rekanan, seperti JNE dan RPX. Selain itu Zalora juga bekerjasama dengan maskapai penerbangan untuk mengirimkan produk ke luar Jawa.

"Untuk Jakarta kami pakai Zidex, luar Jakarta pakai yang lain. Tujuan kami membuat Zidex adalah melayani customer dengan cepat karena pemesan di area Jakarta targetnya waktunya satu sampai tiga hari," sahut Frederik Thomassen, CEO Zalora.

Saat ini, Zalora telah memiliki 5 hub di Jakarta dan 15 hub di beberapa kota lainnya di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan