Perkuat Posisi, EMTK Gelontorkan Rp 1,17 Triliun Borong Saham Bukalapak (BUKA)



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) alias Emtek melaporkan telah membeli sebanyak 9,83 miliar saham PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) senilai Rp 1,79 triliun. 

Jumlah saham yang diborong Emtek setara dengan 9,54% dari total saham yang dikeluarkan dan disetor penuh Bukalapak. Alhasil, kepemilikan EMTK ikut meningkat. 

Sebelum transaksi pembelian saham ini, kepemilikan langsung EMTK atas saham Bukalapak mencapai 850 juta saham atau setara dengan 0,82%. Kemudian meningkat menjadi 10,68 miliar saham. 


Sekretaris Perusahaan Elang Mahkota Teknologi Titi Maria Rusli menjelaskan transaksi pembelian ini dilakukan pada 9 Oktober 2023, dengan harga Rp 120 setiap sahamnya. 

Baca Juga: 3 Saham Melesat Ribuan Persen, 43 Saham Naik Ratusan Persen, Cek Rekomendasi Sahamnya

"Transaksi terjadi pada 9 Oktober 2024 dengan tujuan untuk investasi jangka panjang," tulisnya dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (10/10). 

Terpantau EMTK melakukan pembelian saham melalui pasar negosiasi dengan broker PT Sucor Sekuritas. Pasalnya, terjadi transaksi beli nego dengan nilai dan jumlah yang sama di Sucor Sekuritas. 

Selain di Sucor Sekuritas, transaksi beli juga terjadi di PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk sebesar Rp 905,1 miliar atas 3,61 miliar saham BUKA. Sang pembeli mengakumulasi saham BUKA di harga Rp 250 per saham. 

Di sisi lain, ada transaksi jual di pasar nego dengan menggunakan broker CGS International Sekuritas Indonesia senilai Rp 2,08 triliun dengan harga rata-rata mencapai Rp 154 atas 13,44 miliar saham. 

Sebenarnya, EMTK mempunyai kepemilikan secara tidak langsung BUKA melalui PT Kreatif Media Karya. Adapun Kreatif Media Karya merupakan pengendali Bukalapak dengan mengempit 24,62%. 

Selanjutnya: Dandadan Episode 2 Rilis Jam Berapa? Pertarungan Melawan Nenek Turbo Berlanjut!

Menarik Dibaca: Promo 10.10 Alfamart Periode 10 Oktober 2024, Beli 1 Gratis 1 Nutella-Es Krim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati