Perlancar Perjalanan Tamu HUT RI Ke-79, Polri Siapkan 2 Jalur Alternatif



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepolisian RI telah menyiapkan sejumlah pengaturan lalu lintas untuk memperlancar perjalanan para tamu yang akan menghadiri upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN. 

Karo Ops Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol. Deddy Suryadi melihat sarana prasarana terutama jalan, maka kepolisian sudah mulai mengantisipasi potensi rute yang akan dilewati dari Balikpapan ke IKN. 

Seperti diketahui, para tamu undangan yang mayoritas datang dari Jakarta akan mendarat di Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan. 


Menurut Deddy, langkah ini harus dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hujan pada saat pelaksanaan kegiatan. 

Jika saat pelaksanaan kegiatan ada hujan yang cukup deras maka kemungkinan besar akan dan juga mungkin menghambat perjalanan tamu-tamu undangan menuju IKN. 

“Dengan perintah pimpinan bahwa kami sepanjang rute perjalanan menuju IKN memang ada dua alternatif rute. Mudah-mudahan dua alternatif rute ini bisa digunakan,” jelasnya, Kamis (25/7/2024). 

Baca Juga: Jokowi Tinjau Kawasan Istana Kepresidenan di IKN

Dikatakan, nantinya sepanjang rute alternatif tersebut, Polda Kaltim juga akan menempatkan personil terutama di persimpangan jalan. 

Deddy menambahkan, skenario pengamanan juga sudah dipetakan untuk memitigasi potensi-potensi ancaman ataupun masalah yang bisa terjadi. 

“Kami melakukan rapat koordinasi tentang bagaimana menghadapi ancaman-ancaman yang mungkin terjadi. Kami akan tempatkan petugas di area yang berpotensi terjadi kerawanan atau kemacetan,” terangnya. 

Baca Juga: Jokowi Kendarai Motor Jajal Jalan Tol IKN

Selain itu, akan didirikan pula beberapa pos penjagaan di sepanjang jalan menuju IKN untuk membantu melakukan kegiatan rekayasa lalu lintas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dua Jalur Alternatif Disiapkan, Perlancar Tamu HUT Ke-79 RI"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie