Perluas Ekspor, Hartadinata (HRTA) Bidik Pasar Perhiasan Amerika dan Eropa



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) akan terus melebarkan sayap pada ekspor. Emiten emas perhiasan ini sebenarnya sudah melakukan ekspor ke pasar India dan Uni Emirat Arab (UEA). 

Direktur Investor Relations Hartadinata Abadi Thendra Crisnanda menjelaskan HRTA akan memperkuat pijakan di pasar India dan UEA, yang telah menjadi mitra ekspor sambil menyasar negara lainnya. 

"Kami bertujuan memperluas jaringan ekspor ke beberapa negara strategis, termasuk Asia, Eropa dan Amerika Serikat," jelasnya dalam paparan publik virtual, Jumat (30/8). 


Khusus di kawasan Asia, HRTA membidik pasar Singapura, Thailand, dan Vietnam. Thendra bilang negara-negara itu dipilih berdasarkan hasil analisis yang mendalam terhadap potensi pasar dan permintaan konsumen. 

Baca Juga: Hartadinata (HRTA) Optimistis Bisa Bayarkan Dividen Lebih Tinggi

"Ekspansi ini merupakan bagian integral dari strategi HRTA untuk memperkuat eksistensi di pasar global dan mengoptimalkan portofolio ekspor sebagai pilar pertumbuhan," katanya. 

Upaya HRTA dalam memperluas pasar ekspor masih akan berlanjut di 2025 mendatang. Untuk pasar di luar Indonesia, HRTA akan fokus pada produk perusahaan yang memiliki margin tinggi. 

Di semester I-2024, HRTA meraup penjualan bersih Rp 8,24 triliun. Raihan itu tumbuh 33,45% secara tahunan atau Year on Year (YoY) dari Rp 6,17 triliun di semester I-2023.

Baca Juga: Harga Emas Dunia Terus Mengukir Rekor, Mana Saham yang Menarik Dilirik?

Rinciannya penjualan kepada grosir termasuk ekspor berkontribusi sebesar 82,62% dari seluruh pendapatan HRTA. Kemudian diikuti oleh penjualan ritel sebesar 16,88% dan gadai 0,45%. 

Dari sisi bottom line, HRTA meraih laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 205,62 miliar, yang tumbuh 10,83% YoY per Juni 2024 dari Rp 185,53 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati