Perluas Jaringan Jadi Jurus Erajaya Active Lifestyle (ERAL) Kembangkan Bisnis



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL), yang dikenal sebagai Erajaya Active Lifestyle, tengah merancang strategi ekspansi bisnis ritel fashion di Indonesia. Salah satu langkah yang diambil adalah memperluas jaringan ritel ke berbagai wilayah di Indonesia, tidak hanya berfokus di Jakarta.

Hingga Juni 2024, ERAL telah mengoperasikan 141 gerai di seluruh Indonesia, dengan 35 gerai atau 25% berada di luar Pulau Jawa dan Bali.

Direktur Utama Erajaya Active Lifestyle, Djohan Sutanto, menyatakan bahwa fokus pengembangan jaringan ritel ERAL kini meluas ke luar Jakarta. Tujuannya adalah untuk memudahkan konsumen di seluruh Indonesia mengakses gerai-gerai ERAL.


Sebagai perusahaan yang relatif baru dalam industri ritel fashion, ERAL memiliki peluang untuk mempelajari perkembangan pasar dan perubahan gaya hidup masyarakat yang terus berkembang.

"Melihat pola yang terus berubah, kami melihat peluang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan terus membuka gerai baru, kami juga memberikan kontribusi dalam penyerapan tenaga kerja," ujar Djohan kepada Kontan.co.id.

Baca Juga: Erajaya Active Lifestyle (ERAL) Targetkan Buka 25 Gerai Baru di Semester II-2024

Tahun ini, ERAL menargetkan pembukaan 50 toko baru dalam berbagai kategori, yaitu kategori Smart yang mencakup produk aksesoris dan internet of things (IoT), kategori Active yang berfokus pada produk aktivitas outdoor dan olahraga, serta kategori Lifestyle yang menyasar produk gaya hidup.

Setelah membuka 25 toko baru pada semester pertama, ERAL menargetkan untuk membuka 25 toko tambahan pada semester kedua 2024.

Ekspansi gerai ritel menjadi fokus utama perusahaan pada tahun 2024. Meskipun demikian, Djohan menegaskan bahwa ERAL tetap berhati-hati dalam mengembangkan jumlah gerai baru untuk memastikan hasil yang optimal, termasuk dalam pemilihan lokasi.

Selain memperluas jaringan gerai, ERAL juga fokus menambah merek dan kategori produk baru untuk memperkuat bisnis ritel fashion mereka ke depannya.

Contohnya, ERAL memperluas portofolio mereknya melalui MST Golf Indonesia & 6IXTY8IGHT. Sejak akhir 2023, ERAL membawa merek 6IXTY8IGHT yang berfokus pada fashion apparel untuk wanita, khususnya milenial dan Gen Z. 

Di awal tahun ini, ERAL bersama MST Golf Group Berhad (MST Golf) membuka MST Golf Arena pertama di Jakarta. Merek ritel MST Golf ini berfokus pada sportainment dan peralatan golf.

Penambahan merek dan produk baru menjadi strategi penting agar ERAL dapat terus memenuhi tren terbaru dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

 
ERAL Chart by TradingView

ERAL juga aktif mengembangkan label pribadinya, seperti IT, Loops, dan Lamina, yang memiliki peluang besar di pasar Indonesia.

Melihat laporan keuangan, kinerja ERAL menunjukkan hasil positif selama semester I-2024. Penjualan bersih ERAL tercatat sebesar Rp 2,12 triliun, naik 21,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 1,74 triliun.

Kategori penjualan masih didominasi oleh kategori Smart yang mencakup produk IoT, ekosistem, aksesoris, dan produk pendukung lainnya.

Di tengah ekspansi bisnis ini, ERAL juga melaporkan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 90,1 miliar dengan margin laba bersih sebesar 4,3%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .