Perluas Kredit UMKM, BTN Gandeng Amartha untuk Penyaluran Kredit



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) telah berupaya mendongkrak kredit yang disalurkan ke sektor UMKM. Terbaru, perseroan menjalin kerjasama penyaluran pembiayaan dengan PT Amartha Mikro Fintek (Amartha).

Manajemen berharap kolaborasi dengan Amartha dapat mendekatkan BTN dengan pelaku UMKM, khususnya pada segmen ultra mikro

“Kami berharap dengan sinergi yang terjalin antara BTN dengan Amartha, akses UMKM terhadap pembiayaan BTN semakin mudah dan luas,” kata Direktur SME dan Retail Funding BTN, Muhammad Iqbal di Jakarta, Rabu (16/10).


Ia pun menegaskan mitra BTN tidak hanya pengembang tapi juga para pelaku industri dari skala besar hingga UMKM yang bergerak di industri yang terlibat di properti, mulai dari toko material, toko cat, produsen genteng, batu bata, mebel bahkan kuli bangunan dan lain sebagainya, yang semuanya membutuhkan akses ke pembiayaan yang mudah.

Baca Juga: Bank BTN Sudah Sepakati Harga Akuisisi dengan Calon Bank Syariah

Untuk itu, dalam rangka implementasi ESG, BTN menggandeng Amartha yang mendukung pelaku UMKM perempuan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Divisi SME Banking BTN, Roganda Sahat Mangapul Siahaan menyampaikan bahwa penyaluran kredit akan terus dikembangkan BTN, khususnya dengan mitra fintech lending lainnya. 

Ia melihat tren pembiayaan yang diminati masyarakat sekarang adalah pinjaman dengan platform fintech lending seiring makin pesatnya penggunaan aplikasi di ponsel dan internet saat ini.

“Sehingga BTN melalui sinergi dan kolaborasi dengan Amartha dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk pengembangan pembiayaan ke UMKM,” katanya.

Baca Juga: Sejumlah Perbankan Dorong Kredit Keberlanjutan di 2024

Sebagai informasi, Amartha merupakan perusahaan teknologi keuangan mikro yang fokus pada pemberdayaan segmen akar rumput dengan prinsip keberlanjutan. 

Julie Fauzie selaku Chief Funding Officer Amartha mengatakan pihaknya memiliki teknologi risk-profiling berbasis AI yang didesain berdasarkan kebutuhan UMKM akar rumput untuk memitigasi risiko secara prudent

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan intervensi berupa pendampingan bagi UMKM oleh 9,000 lebih tenaga lapangan yang tersebar di seluruh wilayah operasional Amartha. 

“Kami optimis kolaborasi dengan perbankan kredibel seperti BTN khususnya di sektor pembiayaan produktif, dapat mengakselerasi ekonomi dan kesejahteraan UMKM di pelosok Indonesia” tandasnya.

Selanjutnya: DPR Setujui Herindra Jadi Calon Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan

Menarik Dibaca: Cuaca Besok (17/10) di Jawa Tengah Cerah hingga Berawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih