Perluasan Soekarno Hatta bisa beroperasi September



JAKARTA. PT Angkasa Pura II menargetkan perluasan Terminal 3 bandara Soekarno Hatta bisa beroperasi tahun ini juga. Rencananya pembangunan tahap I dari proyek senilai Rp 4,7 triliun ini akan kelar September nanti.

“Untuk Terminal 3 tahap I luasnya akan bertambah 65.000 meter persegi (m2) dan bisa menampung 11 pesawat,” kata Kepala Humas PT  Angkasa Pura II Achmad Syahir, kemarin (14/5). 

Sayangnya hingga kini perusahaan ini belum memutuskan ada tidaknya maskapai yang akan beroperasi ketika separuh proyek tersebut rampung. Menurut Achmad, untuk sementara maskapai yang beroperasi di terminal baru ini masih sama dengan maskapai yang beroperasi di terminal 3 saat ini seperti Lion Air, Air Asia dan Tigerair Mandala.


Meski demikian, ketika terminal 3 tahap I ini beroperasi, dipastikan sudah ada beberapa penyewa (tenant) yang mengisi lokasi tersebut. Jika dibandingkan dengan Terminal 1 dan Terminal 2 yang sudah beroperasi saat ini, area tenant di perluasan Terminal 3 akan lebih luas dari sebelumnya. Saat ini proses seleksi penentuan siapa tenant yang akan beroperasi masih terus berlangsung. “Saya belum dapat data siapa saja yang sudah menyatakan ketertarikanya,” imbuhnya.

Per 11 Mei kemarin, pembangunan perluasan Terminal 3 Soekarno Hatta sudah mencapai 30%. Ketika KONTAN berkunjung ke lokasi, konsorsium Kawahapejaya Indonesia yang merupakan KSO gabungan dari 10 perusahaan konstruksi yang membangun proyek tersebut saat ini tengah mengerjakan separuh bagian pekerjaan. Adapun bagian yang ditargetkan rampung pada tahap I yaitu  terminal domestik, area parkir barat dan jembatan layang untuk menurunkan para penumpang. 

Sejauh ini pekerjaan perluasan Terminal 3 ini sudah menghabiskan dana Rp 236 miliar dari total anggaran Rp 4,7 triliun. Dalam proyek tersebut selain mengandalkan dana internal perusahaan konsorsiun juga mendapat pinjaman perbankan. Sesuai rencana awal, 30% dana berasal dari dana internal dan sisanya 70% dari hasil pinjaman.

Seperti diketahui, PT Angkasa Pura II akan mempeluas Terminal 3 bandara Soekarno Hatta dari yang semula hanya 34.488 m2 menjadi 388.666 m2.  Selain perluasan area bangunan, proyek pengembangan tersebut juga mencakup pembangunan apon, lahan parkir baru dan area VVIP yang bisa digunakan untuk tamu khusus. Pengerjaan bangunan akan dikerjakan oleh konsorsium Kawahapejaya, sedangkan untuk pengerjaan apron dikerjakan oleh PT Adhi Karya Tbk.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri Sunoko mengatakan proyek perluasan tersebut akan dikerjakan dalam 850 hari. Pekerjaan ini dibagi menjadi dua tahapan, yaitu tahap I ditargetkan selesai pada Septermber 2014 dan tahap II ditargetkan selesai Juli 2015. Dengan demikian pengoperasian secara penuh Terminal 3 baru akan terlaksana pertengahan tahun depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon