Permata akan mencaplok 25% saham ASF



JAKARTA. Perbankan terus memperkuat bisnisnya dengan cara mencaplok anak usaha bank atau non bank. Bank Permata misalnya, berencana membeli 25% saham di Astra Sedaya Finance (ASF) untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis pada sektor otomotif seperti mobil dan meningkatkan fasilitas pembiayaan  bersama (joint financing) dan penjualan silang (cross selling). Direktur Utama Bank Permata, David Fletcher mengatakan, estimasi  harga  pengeluaran  saham  baru  oleh ASF adalah Rp 2,04 triliun dengan tunduk  pada  penyesuaian harga yang akan diperhitungkan pada saat efektifnya pengeluaran saham baru.

"Transaksi ini akan melengkapi bisnis perbankan  ritel dan  memberikan peluang strategis untuk membangun skala bisnis Joint Financing kami secara signifikan," kata David, Senin (24/6). Bank yang dimiliki oleh Astra Internasional dan Standard Chartered ini menyampaikan, akan melakukan peningkatan modal untuk mendanai transaksi ini dan perseroan akan mengumumkan kembali sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Saat ini proses akuisisi tersebut telah masuk ke Bank Indonesia (BI). "Kami akan melakukan transaksi tersebut setelah mendapatkan persetujuan dari BI," tambahnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: