KONTAN.CO.ID - PermataBank melalui PermataHati mengumumkan pemenang program PermataYouthPreneur (PYP) 2023 yang merupakan wadah untuk melatih, mengembangkan, dan menguji kemampuan generasi muda Indonesia yang bertekad menjadi pendiri bisnis rintisan atau start up, untuk menjadi profesional di bidang teknologi dalam bidang kewirausahaan digital. Mengangkat tema “WomenDigipreneur: Inovasi Digital untuk UMKM Indonesia”, PermataBank mendukung penuh talenta perempuan-perempuan muda Indonesia untuk mengembangkan ide dan potensi, serta berinovasi demi kemajuan UMKM di Indonesia berbasis digital. Lebih dari 3.000 perempuan muda dari 36 provinsi dan 1.250 institusi pendidikan meliputi SMA, SMK, Politeknik dan Universitas turut mendaftar untuk mengikuti program ini. Semua pendaftar pun berkesempatan untuk mendapatkan kursus UI/UX Dasar dan kelas Literasi Finansial secara gratis.
Setelah melalui seleksi, 100 peserta mendapatkan serangkaian kelas Digital Product Development, dimana mereka mulai mengembangkan ide dan inovasi produk digital untuk menjawab tantangan yang diberikan. Pelatihan juga diperkaya dengan kelas-kelas soft skill, seperti pembuatan Pitch Deck dan kemampuan presentasi di hadapan calon investor, hingga bekal pengetahuan lainnya seperti kelas pengenalan terhadap peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan bermanfaat bagi peserta, baik jika mereka menjadi entrepreneur maupun bekerja profesional. Fokus PYP terhadap penerima manfaat perempuan muda tahun ini sejalan dengan salah satu poin dalam Deklarasi Bali, sebagai komitmen dari pertemuan para pimpinan negara G20 pada November 2022 yang lalu. Tertuang dalam pernyataan dalam poin tersebut, bahwa pemerintah negara G20 berkomitmen menaruh perhatian terhadap pemberdayaan wanita sebagai inti dari upaya melaksanakan pemulihan inklusif pasca pandemi, salah satunya dengan memberikan akses pendidikan setara dan berkualitas bagi perempuan, termasuk dalam bidang Science, Technology, Engineering, and Math (STEM). Hal tersebut diperkuat dengan data hasil riset yang dilakukan Bank Dunia dan McKinsey, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital pada tahun 2023. Glenn Ranti, Division Head, Corporate Communications PermataBank yang hadir dalam acara mengatakan, “PermataBank bertekad untuk mendukung dan mengajak lebih banyak generasi muda Indonesia, khususnya perempuan, dengan minat dalam bidang teknologi, digital dan wirausaha untuk menggali dan mengembangkan potensi mereka melalui program PYP. Kami berharap mereka bisa turut berkontribusi sebagai talenta digital, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dengan mendirikan usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan.” Dalam pelaksanaan PYP kali ini, PermataHati berkolaborasi dengan Skilvul yang merupakan sebuah platform pendidikan teknologi yang menyediakan konten pembelajaran keterampilan digital dengan metode “blended-learning” dalam bentuk online maupun offline. Kebutuhan infrastruktur dan platform digital semakin meningkat, sesuai dengan data mengenai peluang ekonomi digital di Indonesia yang berkembang pesat dari tahun 2019 ke 2021 sebesar 42%. Namun antara kebutuhan tersebut dengan ketersediaan talenta digital di Indonesia masih belum berjalan beriringan. Untuk itu, kolaborasi antara PermataBank dan Skilvul menjadi sangat bermanfaat untuk dapat mempersiapkan ketersediaan talenta lebih baik dan lebih banyak lagi. Amanda Simanjuntak, Co-Founder dan Chief of Product & Content Skilvul mengatakan, “Objektif dari program PermataYouthPreneur ini sejalan dengan visi dan misi Skilvul, yaitu menciptakan sejuta talenta digital untuk Indonesia. Kami melihat generasi muda kita memiliki potensi yang sangat besar dalam hal ini, apalagi berdasarkan pengalaman kami, tidak sedikit talenta digital lulusan program Skilvul yang tidak memiliki latar belakang pendidikan teknologi dan digital, namun ternyata mereka bisa mengikuti pelajaran dan berkecimpung secara profesional dalam dunia ini. Kami berharap PermataYouthPreneur menjadi pengalaman yang bermakna bagi para pesertanya, dan program ini bisa terus menjadi salah satu platform skill development pilihan bagi perempuan yang memiliki ketertarikan terhadap dunia digitalpreneurship.” Adapun pemenang PermataYouthPreneur 2023 dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari perempuan-perempuan perwakilan PermataBank, Skilvul, Otoritas Jasa Keuangan dan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Kemendikbudristek terkait keunggulan ide peserta finalis berdasarkan aspek kualitas presentasi, relevansi produk, inovasi, kualitas desain produk, dan kenyamanan penggunaan produk adalah: ● Pemenang 1: Kelompok “Manager Wang”, dengan inovasi produk aplikasi seluler yang dirancang untuk membantu dan mempermudah manajemen keuangan pemilik UMKM. ● Pemenang 2: Kelompok “Glowlab”, dengan inovasi berupa aplikasi yang membantu konsumen mengetahui kebutuhan perawatan kulit wajah mereka, dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk menganalisis permasalahan kulit pada wajah, memberikan rekomendasi produk-produk lokal dari UMKM, hingga melakukan transaksi pembelian. ● Pemenang 3: Kelompok “Optimus”, dengan inovasi sebuah website business management tools bernama “Optima” yang membantu UMKM mendapatkan profit optimal melalui berbagai fitur manajemen finansial. ● People’s Choice Award: Kelompok “Digitapreneur Alliance”, dengan inovasi sebuah website bernama Rumah UMKM yang memberikan solusi digital untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis UMKM melalui fitur forum, kolaborasi, dan bimbingan mentor. Khusus untuk kategori ini, juara dipilih berdasarkan pengambilan suara (voting) melalui Youtube yang dibuka untuk umum. Atas prestasinya, para pemenang ini berhak atas hadiah tabungan dan kesempatan beasiswa bootcamp bersama Skilvul dengan total nilai sebesar 62 juta rupiah. TENTANG PERMATABANK PermataBank adalah salah satu dari 10 bank terbaik di Indonesia dari sisi aset di industri perbankan. Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Kode: BNLI) dengan pemegang saham pengendali Bangkok Bank Public Company Limited, PermataBank terdepan dalam digitalisasi dengan produk dan jasa inovatif melayani lebih dari 6,2 juta nasabah di 61 kota di Indonesia. Per 30 September 2023, PermataBank memiliki 232 kantor cabang & kantor kas, kantor cabang Syariah, dan cabang bergerak (Mobile Branch); 830 lokasi ATM dan lebih dari 20.000 outlet tarik tunai tanpa kartu di Indomaret, akses di lebih dari 100.000 ATM (VisaPlus, Visa Electron, MasterCard, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima akses di jaringan), dan jutaan ATM lainnya di seluruh dunia yang terhubung dengan jaringan Visa, Mastercard, Cirrus. PermataBank telah meraih berbagai penghargaan service excellence di kategori Bank Umum dan Bank Unit Usaha Syariah, seperti Banking Service Excellence Award 2023 oleh majalah InfoBank bekerjasama dengan Market Research Indonesia, Silver awards dari Asia-Pacific Stevie Awards 2023, The “Best Disclosure and Transparency” & Top 50 Score Emiten dengan Kapitalisasi Market Terbesar (Big Cap) - Governansi Korporat terbaik dari IICD CG Conference and Award 2023, serta predikat “Very Good” pada dua kategori (Learning & Development and Knowledge Management serta Employer Branding and Talent Acquisition) di HR Exellence 2023 oleh SWA dan Lembaga Manajemen FEB UI. Sebagai pionir inovasi digital di pasar Indonesia, nasabah dapat merasakan pengalaman layanan digital terlengkap seperti layanan mobile banking super app, PermataMobile X dengan lebih dari 200 fitur unggulan , internet banking PermataNet dan Permata e-Business, PermataQR Pay di lebih dari 300.000 merchants, point of sales di lebih dari 20.000 merchants, API banking dengan 200 tipe API, penggunaan teknologi Blockchain Trade Finance, layanan call center dengan Interactive Voice Response dan Artificial Intelligence Voice Recognition. Nasabah juga dapat merasakan pengalaman Digital Model Branch di wilayah-wilayah pilihan di Indonesia yang menawarkan pengalaman yang simple, fast, and reliable. TENTANG PERMATAHATI
PermataBank pada akhir tahun 2010 memperkenalkan program CSR PermataHati yang berfokus pada pendidikan, khususnya literasi keuangan. PermataHati dirancang dengan memadukan berbagai aktivitas dalam tiga pilarnya yaitu: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Perbaikan Fasilitas, dan Pemberdayaan Masyarakat. Partisipasi aktif dari para karyawan PermataBank sebagai Employee Volunteer (EVO) merupakan tulang punggung dan kunci keberhasilan dari semua kegiatan CSR yang dilakukan PermataBank, dimana EVO menyisihkan waktu dan tenaganya dalam menjalankan kegiatan CSR untuk mendapatkan Poin Senyum. Setiap 15 Poin Senyum yang terakumulasi, PermataBank akan memberikan 1 beasiswa bagi anak berprestasi yang kurang mampu selama 1 tahun ajaran. Untuk mendukung program CSR ini, setiap karyawan PermataBank berhak mendapatkan 1 hari cuti CSR, diluar jatah cuti tahunannya. Sejak 2010, melalui partisipasi aktif 20.934 karyawan sebagai Employee Volunteer (EVO) dalam berbagai kegiatan CSR, PermataHati telah memberikan beasiswa kepada 6.338 anak.
Baca Juga: PermataBank dan Bangkok Bank Dukung Pertumbuhan Perdagangan Global Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti