Permintaan kapas terbang makin tinggi



CHICAGO. Harga kapas terus melonjak di ICE Futures AS sebagai akibat permintaan kapas dari China yang terus meningkat.

Data dari Departemen Pertanian AS menunjukkan, pemesanan kapas ke AS yang berakhir 31 Juli meningkat lebih dari dua kali lipat dari pada periode yang sama tahun sebelumnya. Minggu terakhir di November 2010, pengiriman kapas naik 21% dari minggu sebelumnya.

Harga kapas melompat 67% tahun ini lantaran stok di AS menurun sementara permintaan kapas untuk tekstil di China meningkat. Harga kapas untuk pengiriman bulan Maret nail 4,1% di harga US$ 1,26 per pon pada pukul 15:03 waktu setempat. Harga itu merupakan yang tertinggi sejak 19 November 2010.


Pengiriman kapas dari AS yang berakhir pada 25 November 2010 naik menjadi 322.977 bal dari 250.700 bal pada periode yang sama tahun sebelumnya. (1 bal=218 kg).Permintaan kapas dari China memang luar biasa, sebab negara tersebut mengalami defisit kapas 17 juta bal tahun ini.

Kenaikan harga kapas tahun ini juga disebabkan oleh terbatasnya pasokan dari India. Sehingga, pemerintah India memutuskan untuk membatasi ekspor serat untuk mengamankan pasokan kapas di negaranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini