Permintaan Otomotif AS Turun, Nissan Pangkas Produksi



TOKYO. Nissan Motor Co. memperkirakan, pengetatan kredit global akan berdampak pada kinerja perusahaan hingga 2010 mendatang. Sebab, ketatnya pengucuran kredit secara otomatis akan menurunkan penjualan mobil di Amerika Serikat (AS), termasuk di dalamnya kendaraan produksi Nissan. 

Bulan lalu, kapasitas produksi Nissan sudah anjlok 23% menjadi 47.011 unit. Tidak hanya itu, penjualan di AS pun mengalami penurunan tajam sebesar 37% seiring dengan merosotnya nilai perumahan di Negeri Paman Sam itu.

Menurut Chief Executive Officer Nissan Carlos, tingkat penjualan kendaraan di AS akan berkisar 12,5 juta unit hingga Maret mendatang.


Itu sebabnya, produsen mobil ketiga terbesar di Jepang itu berencana memangkas produksi domestiknya pada dua pabrik sebesar 65.000 unit, antara November hingga Maret mendatang.

“Kami belum melihat yang lebih buruk dari ini. Meskipun krisis finansial berakhir, konsekuensi dari perlambatan di pasar akan menyebabkan tingginya tingkat pengangguran,” jelas Goshn, yang juga merupakan CEO dari Renault SA.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie