JAKARTA. Prospek pasar otomotif yang masih cukup cerah membuat produsen pelumas kendaraan atawa oli tetap yakin penjualannya bisa tumbuh positif di tahun 2014. Shell Lubricants Indonesia misalnya, mematok penjualan pelumas bisa tumbuh 15%- 20% pada tahun 2014. Vanda Laura, Brand and Communication Marketing Manager Shell Lubricants Indonesia bilang, meski ekonomi masih lesu, tapi permintaan pelumas masih akan tumbuh. Pasalnya, "Pelumas mau tidak mau harus dikonsumsi oleh pengguna kendaraan," ujarnya, Rabu (11/12). Tak hanya untuk kendaraan, Vanda bilang, permintaan pelumas untuk korporasi juga meningkat seiring makin banyaknya perusahaan yang menambah mesin produksi. Menurutnya, saat ini, penjualan pelumas Shell ke korporasi (business to bussines) masih memiliki porsi 60% dari total penjualan perusahaan. Sedangkan sisanya penjualan langsung ke konsumen.
Permintaan Pelumas Masih Bakal Tumbuh
JAKARTA. Prospek pasar otomotif yang masih cukup cerah membuat produsen pelumas kendaraan atawa oli tetap yakin penjualannya bisa tumbuh positif di tahun 2014. Shell Lubricants Indonesia misalnya, mematok penjualan pelumas bisa tumbuh 15%- 20% pada tahun 2014. Vanda Laura, Brand and Communication Marketing Manager Shell Lubricants Indonesia bilang, meski ekonomi masih lesu, tapi permintaan pelumas masih akan tumbuh. Pasalnya, "Pelumas mau tidak mau harus dikonsumsi oleh pengguna kendaraan," ujarnya, Rabu (11/12). Tak hanya untuk kendaraan, Vanda bilang, permintaan pelumas untuk korporasi juga meningkat seiring makin banyaknya perusahaan yang menambah mesin produksi. Menurutnya, saat ini, penjualan pelumas Shell ke korporasi (business to bussines) masih memiliki porsi 60% dari total penjualan perusahaan. Sedangkan sisanya penjualan langsung ke konsumen.