Permudah Pelaku UMKM, OrderOnline.id Punya Fitur Ramah Pengguna



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Permudah pelaku UMKM menjajakan barang dagangan, PT. Ordivo Teknologi Indonesia (OrderOnline.id) memperkuat ekosistem bisnis online dengan melakukan otomatisasi bisnis dalam all-in-one platform berbasis web yang terintegrasi. Tercatat, 19.000 UMKM di seluruh Indonesia dengan akumulasi nilai transaksi pengguna mencapai Rp 5,5 triliun sejak 2021. Saat ini, peningkatan orderan di OrderOnline.id sudah mencapai lebih dari 1 juta setiap bulan.

Minat terhadap tren belanja online membuat para pelaku UMKM untuk mulai go-digital. Dengan tagar #SemuaBisaJualan Online, OrderOnline.id memfasilitasi kebutuhan bisnis online di Indonesia. Chief Executive Officer OrderOnline.id, Rovan Alfarry mengungkapkan, “Dulu, kami juga merintis bisnis online kecil-kecilan dan pain point dalam menjalankan bisnis yang kami temukan saat itu yang menggerakkan kami untuk memberikan solusi terbaik dari sisi teknologi.”

Melihat besarnya pertumbuhan bisnis online dan potensi permasalahan operasional yang ada, OrderOnline.id hadir untuk memberikan solusi atas setiap masalah nyata dalam proses usaha yang berjalan. Untuk mempermudah pelaku UMKM dalam memperkenalkan tokonya ke calon pembeli, OrderOnline.id mempunyai empat fitur utama yang didesain khusus untuk memperluas jaringan penjualan UMKM di luar marketplace.


Empat fitur tersebut diantaranya menampilkan produk dalam tampilan laman dan landing page, menerima pesanan melalui formulir pemesanan yang sederhana, mengelola pesanan otomatis dalam satu dashboard yang terintegrasi hingga logistik yang menjembatani pengiriman pemesanan. OrderOnline.id bekerjasama dengan beberapa ekspedisi seperti SiCepat, JNE, SAP, J&T, Ninja Xpress, JDL, dan ID Express. "Pelaku usaha bisa fokus mengembangkan bisnisnya tanpa mempersoalkan hal-hal repetitif yang merepotkan seperti melakukan pencatatan penjualan, cek rekening, proses tindak lanjut ke pembeli secara manual dan sebagainya. Semua sudah berjalan otomatis,” ungkap Rovan dalam keterangan pers (25/08/2022).

Perlu diketahui, aplikasi berbasis website OrderOnline.id terus dikembangkan untuk menyederhanakan sistem operasional bisnis online yang menguntungkan pebisnis. Selain itu, ada fitur baru yang bermanfaat bagi penjual. Fitur tersebut adalah Customer Rating yang berguna untuk membantu pebisnis melakukan analisa pelanggan dalam meningkatkan success rate dan mencegah fake order dari pembeli fiktif yang kerap terjadi, khususnya dalam metode COD. Fitur ini penting untuk memberikan keamanan dari sisi penjual karena tercatat 78,72% transaksi e-commerce di Indonesia menurut Statistik e-commerce BPS tahun 2021 menggunakan metode pembayaran COD.

Rencana berikutnya, OrderOnline.id akan merilis ragam lini bisnis baru mulai dari agregator ekspedisi (OExpress), e-course untuk bisnis online (OCademy), penyedia produk jualan bagi dropshipper dan reseller (Inventro), jasa fulfillment, hingga menyasar sektor permodalan usaha di masa mendatang. “Sebagian besar lini bisnis tersebut akan kami luncurkan di tahun ini,” tutup Rovan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini