Permudah Pembelian Tiket, Mandala Gandeng BPD DIY



JAKARTA. Mandala Airlines menggandeng Bank BPD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk mempermudah pembayaran tiket penerbangan melalui mesin teller otomatis (ATM) dan teler yang ada di bank tersebut. "Lewat kerja sama ini maka penumpang kami dapat melakukan pembayaran di 29 ATM milik BPD DIY yang tersebar di beberapa kantor pemerintahan Jawa Tengah, rumah sakit, serta pusat-pusat perbelanjaan," kata Head of Corporate Communication Trisia Megawati KD, Selasa (22/12).

Dengan adanya kerjasama ini, berarti Mandala juga telah menggandeng sembilan bank untuk memperluas jaringan pembayaran. Delapan bank lain yang sudah lebih dulu menjalin kerjasama dengan Mandala adalah BNI, Mandiri, BII, Bank Panin, Bukopin, Permata, BRI, dan CIMB Niaga. "Dalam waktu tiga bulan ke depan setidaknya 8% dari nasabah BPD DIY bisa mengubah metode pembayaran pembelian tiket Mandala dari yang biasanya dengan cara konvensional ke cara baru dengan menggunakan ATM,” jelas Trisia.

Secara keseluruhan, Mandala menargetkan pertumbuhan pembayaran pembelian tiket melalui ATM dan internet banking sampai 30%, tahun 2010. Tahun 2009 ini, kontribusi pembayaran ATM dan internet banking baru sekitar 26% . Sisanya masih melalui cara tradisional seperti melalui kantor perwakilan Mandala di 17 kota di seluruh Indonesia dan travel agent. Baik secara tunai maupun kartu kredit.


Itu sebabnya, Mandala berupaya keras mendongkrak porsi transaksi non-konvensional. “Untuk mencapai target ini Mandala tengah berupaya menggandeng beberapa bank lain untuk memperluas jaringan pembayaran tiket Mandala," kata Trisia. Saat ini Mandala tengah melakukan penjajakan dan negosiasi dengan tiga bank besar yang jaringan layanannya tersebar di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: