Perolehan suara jeblok, PKS merasa minder



JAKARTA. Hasil Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2014 yang jeblok membuat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) minder. Oleh karena itu, saat partai lain gencar melakukan lobi untuk mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden mereka, PKS lebih memilih untuk menunggu.

“Kami sadar, perolehan suara PKS tidak besar, makanya kami hanya menunggu saja tawaran dari partai lain,” kata Suswono, politisi senior PKS yang juga Menteri Pertanian di Jakarta Selasa (29/4).

Hasil penghitungan cepat hasil Pemilu Legislatif 2014 yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survey  menunjukkan bahwa perolehan suara  PKS anjlok jika dibanding dengan hasil Pemilu Legislatif 2009 lalu.


Hasil hitung cepat Litbang Kompas misalnya menunjukkan bahwa partai pimpinan Anis Matta ini hanya mampu memperoleh suara sebanyak 7,02%, atau turun jika dibandingkan dengan hasil Pemilu 2009 yang mencapai 7, 88%.

Perolehan suara lebih kecil dihasilkan oleh hitung cepat yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research on Consultating (SMRC). Hasil cepat lembaga polling tersebut hanya menunjukkan bahwa perolehan suara PKS dalam Pemilu 2014 hanya mencapai 6, 93%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan