Persepsi Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi 6 Bulan ke Depan Turun



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi dalam 6 bulan mendatang mengalami penurunan.

Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tercatat sebesar 135,0 pada Mei 2024 atau turun dari bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 136,0.

Hasil survei konsumen Bank Indonesia (BI), Senin (10/6), menunjukkan menurunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi dalam 6 bulan ke depan, tercermin dari semua komponen pembentuknya yang mengalami penurunan.


Baca Juga: BI: Indeks Keyakinan Konsumen Turun pada Mei 2024

Di antaranya, indeks penghasilan saat ini yang tercatat sebesar 139,0 atau turun dari bulan sebelumnya sebesar 140,6. Kemudian, indeks ketersediaan lapangan kerja tercatat sebesar 134,5 atau turun dari bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 134,8.

Terakhir, indeks pembelian barang tahan lama atau durable goods yang tercatat sebesar 113,6 atau turun dari bulan sebelumnya yang sebesar 132,6.

Secara spasial, penurunan juga terjadi di beberapa kota Bandar Lampung sebesar 9,7 poin, diikuti Banten sebesar 7,0 poin, dan Padang sebesar 6,8 poin.

Baca Juga: Ekspansi ke Luar Jawa Menguntungkan, Simak Rekomendasi Saham Ace Hardware (ACES)

Di samping itu, optimisme responden terhadap penghasilan saat ini terpantau menurun pada seluruh kelompok pengeluaran, kecuali pada kelompok pengeluaran Rp 3,1 juta hingga Rp 4 juta. Sementara itu, berdasarkan usia yang meningkat hanya pada kelompok usia di atas 60 tahun.

Sementara itu, persepsi responden terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan saat ini terpantau meningkat pada seluruh kelompok seperti akademi, sarjana, dan di atas pascasarjana. Hanya kelompok SLTA saja yang mengalami penurunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli