Persiapan KTT G20, Jokowi Jalin Komunikasi dengan Beberapa Pemimpin Negara



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai upaya persiapan KTT G20 di Bali pada November 2022 nanti, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan komunikasi dengan beberapa pemimpin negara-negara dan juga Sekjen PBB.

Selain membahas persiapan KTT G20 nanti, Jokowi juga berdiskusi lewat telepon mengenai dinamika situasi global termasuk mengenai soal perang Rusia Ukraina.

Tercatat 7 Maret 2022, Jokowi telah berkomunikasi dengan Kanselir Jerman, kemudian 8 Maret 2022 Perdana Menteri Jepang. Selanjutnya pada 16 Maret 2022 Presiden telah berbicara dengan Perdana Menteri Kanada.

Baca Juga: Jokowi: Presiden Rusia Vladimir Putin akan Hadiri KTT G20 di Bali

Kemudian pada 22 Maret 2022 menjalin komunikasi dengan Presiden Prancis, 31 Maret 2022 melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Belanda, serta 12 April dengan Sekjen PBB Antonio Guterres.

Pada hari Rabu 27 April lalu Jokowi berkomunikasi dengan Presiden Ukraina, dan semalam Kamis 28 April Ia melakukan pembicaraan lewat telepon dengan Presiden Portugal. Setelahnya semalam Jokowi juga berkomunikasi dengan Presiden Rusia.

"Dalam pembicaraan dalam perbincangan telepon dengan Presiden Ukraina saya memperoleh update mengenai perkembangan situasi saat ini di Ukraina. dalam pembicaraan itu dibahas juga mengenai berbagai permintaan bantuan persenjataan dari Indonesia, saya menegaskan bahwa sesuai dengan amanat konstitusi Indonesia dan prinsip politik luar negeri Indonesia melarang pemberian bantuan persenjataan kepada negara lain," tegasnya dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (29/4).

Meskipun memutuskan tak dapat memberikan bantuan senjata kepada Ukraina. Indonesia menyampaikan kesiapan untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

"Saya sampaikan mengenai harapan agar perang dapat segera dihentikan dan solusi damai melalui perundingan dapat dikedepankan," imbuhnya.

Ia menjelaskan G20 berperan sebagai katalisator dalam pemulihan ekonomi dunia. Adapun khusus untuk pemulihan ekonomi dunia maka terdapat dua hal besar yang mempengaruhi saat ini yaitu pandemi covid-19 dan perang di Ukraina.

Baca Juga: Presiden Ukraina Minta Bantuan Senjata, Jokowi: Konstitusi Indonesia Melarang

Terkait permasalahan perang di Ukraina, dalam komunikasi kemarin, Jokowi juga mengundang Presiden Ukraina Volodymir Zelenskyy untuk hadir dalam KTT G20.

Selain itu, dalam perbincangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Rusia memberikan update mengenai situasi di Ukraina termasuk proses negosiasi yang terus berlangsung antara Rusia dan Ukraina.

"Saya kembali menekankan pentingnya perang segera diakhiri. Saya juga menekankan agar solusi damai dapat terus dikedepankan dan Indonesia siap berkontribusi untuk upaya damai tersebut. dalam kesempatan tersebut presiden Putin menyampaikan Terima kasih atas undangan KTT G20 dan beliau menyatakan akan hadir," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto