Pertamina akan dirikan SPBU khusus motor



JAKARTA.  PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya PT Pertamina Retail tahun ini akan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) khusus untuk pengendara sepeda motor.

Pertamina melihat pesatnya pertumbuhan penjualan motor nasional yang rata-rata 12% per tahun membuat Pertamina melihat peluang itu dengan mendirikan SPBU khusus.

Untuk tahun ini, Pertamina menargetkan membangun 10 SPBU, dimana satu SPBU sudah beroperasi di Kampung Hulu, Bekasi Timur. Sedangkan sembilan lainnya, masih dalam tahap survei, pembebasan lahan, dan feasibility study.


Suhartoko, Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina mengatakan pembangunan SPBU khusus motor ini untuk mengurangi kekurangan omzet Pertamina dalam mengejar kelayakan bisnis SPBU.

Untuk SPBU yang di Bekasi, ia bilang itu Pertamina punya kelebihan lahan sehingga dijadikan SPBU khusus motor saja. "Pertamina punya lahan di Bekasi luas sekali, jadi daripada tidak dimanfaatkan maka dijadikan SPBU motor saja, dan dari situ maka akan dibuat lagi SPBU khusus motor dan kemungkinan SPBU yang lain untuk mobil kecil-kecil saja. Sedangkan bis, truk, dan mobil besar tidak boleh isi, " kata dia kepada KONTAN, Selasa (28/01).

Sementara itu, Ali Mundakir, VP Communication Corporate Pertamina bilang SPBU yang sudah selesai di Bekasi tersebut baru beroperasi awal Februari mendatang. Ia menambahkan bahwa Pertamina akan memfokuskan untuk membangun SPBU khusus motor di luar Jakarta. Sebab kata dia, kebanyakan pengguna sepeda motor lebih banyak berada di pinggiran Jakarta.

"Kalau di Jakarta tidak akan dibangun di jalan-jalan utama/ protokol, tapi di jalan kelas dua dan tiga (pinggiran ibukota), seperti di Tangerang, Depok, Serpong, dan sebagainya, " kata Ali, Selasa (28/01).

Dibandingkan dengan SPBU biasa, SPBU khusus motor ini menggunakan lahan lebih sedikit daripada SPBU pada umumnya sekitar 500 m2, dengan target penjualan 5-7 kiloliter (KL) per hari.

"Kita uji coba dulu 10 SPBU tahun ini, Kalau ternyata hasilnya baik, maka di tahun mendatang akan ditambah lagi. Sesuai dengan roadmap, di tahun 2020 Pertamina akan membangun 1.000 SPBU termasuk SPBU khusus motor, " tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan