Pertamina akan garap lapangan gas Jambaran dan Tiung di Blok Cepu



JAKARTA. PT. Pertamina akan menggarap produksi dua lapangan gas dari Blok Cepu. Oleh sebab itu, dalam waktu dekat perusahaan pelat merah itu akan segera menggelar kesepakatan dengan Exxon Mobile Corporation yang saat ini menjadi kontraktor kontrak kerjasama di Blok Cepu.

Juru bicara Wakil Presiden Yopie Hidayat mengatakan, Pertamina dan Exxon akan mewujudkan kesepakatan itu pada 17 Februari 2011 nanti. Melalui kesepakatan itu, Pertamina akan menjadi operator lapangan gas Jambaran dan Tiung Biru.

Cadangan pada kedua lapangan gas itu mencapai 1 TFC (trillion cubic feet). "Produksinya kelak sekitar 150MMSCFD," ujar Yopie usai rapat koordinasi gas nasional di istana Wakil Presiden, Rabu (9/2).


Setelah sepakat, Pertamina akan segera menjalankan proses konstruksi. Adapun, target produksi dari kedua lapangan gas itu berjalan pada tahun 2014 mendatang. Untuk rencana investasi maupun pembangunan, sampai saat ini masih dirancang.

Sekadar informasi, Blok Cepu adalah wilayah kontrak minyak dan gas bumi yang meliputi wilayah Kabupaten Bojonegoro - Jawa Timur, Kabupaten Blora - Jawa Tengah, dan Kabupaten Tuban - Jawa Timur. Pengelola blok itu adalah Mobil Cepu Ltd dan Ampolex Pte. Ltd anak perusahaan Exxon Mobil Corporation bersama dengan PT Pertamina EP Cepu, anak perusahaan PT Pertamina dan 4 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Djumyati P.