KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT. Pertamina (Persero) terus berupaya untuk membuat UMKM naik kelas melalui Program Kemitraan. Diantaranya melalui program Pertamina UMKM Academy: Fast Track yang tengah berlangsung hingga pertengahan Desember 2020 nanti. Salah satu materi yang disampaikan dalam program tersebut yakni Strategi Pemasaran yang Efektif bagi pelaku UMKM. Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyampaikan, terdapat tiga poin penting yang dititik beratkan dalam materi tersebut. Pertama, pelaku UMKM mampu melakukan segmentasi pasar. Kemudian, melakukan targeting terhadap segmen yang ada dan terakhir menciptakan positioning produk yang kuat di benak konsumen. “Jika para UMKM sudah mampu melakukan tiga hal dasar ini, maka kami yakin mereka akan mampu mendapatkan hati para konsumennya. Sehingga, selain mendapat konsumen baru, UMKM juga akan mampu mempertahankan mereka jadi pelanggan tetap,” tutur Fajriyah, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/11).
Pertamina beri strategi pemasaran efektif bagi usaha kecil lewat UMKM Academy
KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT. Pertamina (Persero) terus berupaya untuk membuat UMKM naik kelas melalui Program Kemitraan. Diantaranya melalui program Pertamina UMKM Academy: Fast Track yang tengah berlangsung hingga pertengahan Desember 2020 nanti. Salah satu materi yang disampaikan dalam program tersebut yakni Strategi Pemasaran yang Efektif bagi pelaku UMKM. Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyampaikan, terdapat tiga poin penting yang dititik beratkan dalam materi tersebut. Pertama, pelaku UMKM mampu melakukan segmentasi pasar. Kemudian, melakukan targeting terhadap segmen yang ada dan terakhir menciptakan positioning produk yang kuat di benak konsumen. “Jika para UMKM sudah mampu melakukan tiga hal dasar ini, maka kami yakin mereka akan mampu mendapatkan hati para konsumennya. Sehingga, selain mendapat konsumen baru, UMKM juga akan mampu mempertahankan mereka jadi pelanggan tetap,” tutur Fajriyah, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/11).