Pertamina EP Pendopo Field Dorong Peningkatan Nilai Tambah Komoditas Pinang



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina EP (PEP) Pendopo Field melaksanakan pelestarian pinang lokal, Pinang Batara di Desa Sukakarya, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. 

PEP Pendopo Field menerapkan inovasi terbaru dalam penggunaan ekstrak buah pinang sebagai korosi inhibitor dan mendorong ekspor pinang.

Baca Juga: Ini Empat Jurus Pemerintah Genjot Investasi Hulu Migas


Senior Manager Pendopo Field, I Wayan Sumerta mengungkapkan, pemanfaatan ekstrak buah pinang sebagai korosi inhibitor merupakan bagian dari Creating Shared Value (CSV) atau menciptakan nilai bersama. 

Berkolaborasi dengan Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada (UGM), PEP Pendopo Field berhasil memformulasikan korosi inhibitor alami, dan mentransfer pengetahuan tersebut kepada masyarakat setempat. 

“Korosi inhibitor alami ini tidak hanya lebih ekonomis, tetapi juga lebih ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan,” ungkap Wayan dalam siaran pers, Jumat (27/9).

Baca Juga: Ada Potensi Minyak 17,58 Juta Barel, Pertamina EP Mulai Bor Sumur Pertama di Brebes

Wayan menjelaskan, berdasarkan kajian Fakultas MIPA UGM, biaya produksi cairan antikorosi dari biji pinang tua berkisar antara Rp 27.268 hingga Rp 37.555 per liter.

Biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan cairan inhibitor berbasis bahan kimia yang harganya mencapai Rp 34.000 hingga Rp 51.750 per liter. Oleh sebab itu, penggunaan korosi inhibitor alami dapat menghemat biaya sebesar 13% hingga 27%.

Wayan menambahkan, PEP Pendopo Field bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, Pemerintah Kecamatan STL Ulu Terawas, dan sejumlah pemerintah desa setempat mendorong kelompok mitra binaannya untuk dapat ekspor pinang.

Langkah pertama dari kegiatan ini ialah memberikan pelatihan ekspor kepada warga. Warga kemudian menerapkan keterampilan memilah pinang layak ekspor, mengumpulkannya, dan lalu menjualnya ke eksportir pinang.

Baca Juga: Pertamina EP Cepu Indonesia Timur Terus Geber Produksi Migas

Ketua Kelompok Wanita Tani (Melati) Suhartini menjelaskan, harga pinang tua satu kilogram di pasar lokal sekitar Rp 4.000. Dengan adanya upaya mendorong pasar ke level internasional ini, warga bisa mendapatkan harga lebih hingga, yakni sebesar Rp 6.000/kg.

“Jadi, manfaat ekonomi melalui upaya mendorong ekspor ini lebih besar dibandingkan dengan menjual pinang (tua) di pasar lokal,” jelasnya.

Community Development Officer PEP Pendopo Field, Erwinton Simatupang, menyatakan upaya mendorong ekspor pinang dengan melibatkan warga dan pemerintah daerah masih mencerminkan pendekatan CSV.

Pada titik ini, PEP Pendopo Field berupaya membangun kluster industri lokal melalui kerja sama antara berbagai entitas, seperti pemerintah, lembaga masyarakat, dan bisnis.

“Mendorong ekspor pinang, pasar yang adil dan terbuka memungkinkan ada bagi masyarakat, dan pada akhirnya mendorong peningkatan kualitas dan efisiensi produksi pinang. Terlebih, akses ke pasar yang lebih besar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan daya saing produk lokal di pasar global,” tambah Erwinton.

Selanjutnya: Pemotongan Suku Bunga Membawa Harga Emas ke Kuartal Terbaik dalam Delapan Tahun

Menarik Dibaca: Dukung Entrepreneur di Era Digital, Bank Saqu Hadir di IdeaFest 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto