Pertamina International Shipping dan NYK Jajaki Potensi Logistik Energi Hijau



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina International Shipping (PIS) telah melakukan kerjasama strategis perusahaan kapal dan logistik asal Jepang Nippon Yusen Kaisha (NYK) sejak Desember tahun lalu. Saat ini, kedua belah pihak masih terus membahas potensi kerjasama di bisnis energy logistics.

PIS merupakan Subholding Integrated Marine Logistics Pertamina yang mengoperasikan sekitar 750 kapal. Sementara NYK Line merupakan anggota dari kairetsu Mitsubishi dan tercatat memiliki sekitar 800 kapal yang meliputi kapal peti kemas, kapal tanker, kapal pengangkut curah dan serpihan kayu, kapal Ro-Ro, kapal berpendingin, kapal pengangut LNG, serta kapal pesiar.

Pada 3 Mei lalu, NYK melakukan pertemuan dengan Pertamina International Shipping untuk membahas potensi kerja sama bisnis green energy logistics.


Pertemuan membahas tentang kerjasama dalam menggarap potensi bisnis dan pengembangan teknologi terkini terutama di bidang pengangkutan CO2, penyediaan kapal angkutan LNG, penyediaan kapal angkutan green fuel, pengembangan capability melalui kerjasama ship management dan lainnya. 

CEO PIS Yoki Firnandi menyambut baik kedatangan NYK untuk pembahasan potensi kerja sama strategis antara PIS dan NYK ke depan. “Tentunya, PIS akan melihat potensi-potensi kerja sama tersebut dengan kondisi dan perkembangan pasar ke depan, sekaligus menyesuaikan dengan rencana PIS dalam mendukung program transisi energi,” kata dia dalam keterangan resminya, Sabtu (6/5).   PIS dan NYK resmi menjadi mitra kerja sama strategis pada Desember 2022 dengan ruang lingkup kerjasama mencakup investasi, dan kolaborasi bisnis strategis yang siap menguasai pasar green energy logistics internasional. Penandatanganan ini menandai masuknya NYK sebagai salah satu pemegang saham di PIS.

Kunjungan tersebut dihadiri Chief Financial Officer NYK Akira Kono, Chief Executive of Energy Division NYK Officer Hironobu Watanabe, Deputy General Manager NYK Bulkship Asia Kenichiro Yanagisawa, President Director NYK Line Indonesia Hideaki Hamanaka, Vice President Director of NYK Line Indonesia Atsuhiko Kako, Director of NYK Line Indonesia Soga Gustama, serta Supervisor of NYK Line Indonesia Rikardo Parulian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk