Pertamina tambah kapal untuk pengangkut BBM



JAKARTA. PT Pertamina terus menambah armada transportasi bahan bakar minyak (BBM). Saat ini, perusahaan migas plat merah ini mengoperaikan 175 kapal pengangkut minyak. Dari jumlah tersebut 47 diantaranya milik Pertamina sendiri.

Jumlah armada kapal itu diperkirakan terus bertambah setelah PT Radar Daya Utama, perusahaan galangan kapal nasional menyelesaikan pembangunan kapal berukuran 3.500 dead weigt ton (DWT).

Kapal diserahterimakan secara resmi kepada Pertamina hari ini Jumat (11/5) di Pelabuan Tanjung Priok, Jakarta. Kapal baru milik Pertamina ini diberi nama Musi yang bertugas untuk membawa BBM dengan kapasitas 4 juta liter.


Kapal ini akan beroperasi di Sumatera bagian Selatan, seperti loading port Padang, Plaju dan discharging port Pangkal Balam dan Bengkulu. "Setelah serah terima ini, akan segera kami operasikan,"ujar Senior Vice President Shipping, PT Pertamina (Persero) Suhartoko disela-sela acara serah terima.

Kapal ini merupakan satu dari tiga kapal tipe sama yang dibuat PT Daya Radar Utama untuk Pertamina. Kapal ini bernilai kontrak US$ 11,8 juta, untuk satu unit kapal.

Dua unit lainnya, kata Direktur PT Daya Radar Utama, Amir Gunawan saat ini masih dalam proses penyelesaian akhir. "Targetnya kapal kedua, dua bulan sampai tiga bulan akan kita serahakan, setelah itu dua bulan atau tiga bulan lagi kapal berikutnya,"ujar Amir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri