Pertemuan Trump dan Kim Jong Un digelar pada 27 Februari di Vietnam



KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat Donald Trump dijadwalkan akan bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Vietnam pada 27 Februari-28 Februari di Vietnam, seperti diberitakan Politico.

Mengutip Reuters, Trump diperkirakan akan mengumumkan detail pertemuan dengan Kim Jong Un dalam pidato kenegaraan tahunannya di kongres.

Trump pertama kali bertemu dengan Kim Jong Un dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) AS-Korea Utara di Singapura pada 12 Juni 2018. Keduanya mengagendakan pertemuan lanjutan untuk membicarakan program denuklirisasi di Semenanjung Korea. 

Belum jelas kota yang akan menjadi lokasi pertemuan antara kedua pemimpin negara tersebut. Hanya saja, Vietnam sebagai negara yang dikuasai komunis dan memiliki hubungan baik dengan AS dan Korea Utara disebut-sebut sebagai lokasi pertemuan yang paling memungkinkan.

Sebelumnya, pada Juli silam Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo berkunjung ke Vietnam dan menyatakan Trump yakin Korea Utara dapat meniru langkah Vietnam untuk menjalin hubungan baik dengan AS pasca perang.

Sementara itu, pejabat khusus AS untuk Korea Utara Stephen Biegun dijadwalkan menggelar pembicaraan di Pyongyang pekan ini untuk memetakan pembicaraan konkret untuk KTT kedua antara AS dan Korea Utara.

Editor: Herlina Kartika Dewi