Pertumbuhan Ekonomi AS Kuartal II-2024 Lampaui Perkiraan, Inflasi Mereda



KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Perekonomian Amerika Serikat (AS) tumbuh lebih cepat dari perkiraan pada kuartal kedua, meskipun inflasi menurun. Hal ini menyebabkan ekspektasi penurunan suku bunga Federal Reserve pada bulan September tetap utuh.

Produk domestik bruto (PDB) AS meningkat pada tingkat tahunan sebesar 2,8% pada kuartal kedua, berdasarkan estimasi awal Biro Analisis Ekonomi Departemen Perdagangan yang dirilis pada hari Kamis (25/7). 

Para ekonom yang disurvei oleh Reuters sebelumnya memperkirakan peningkatan PDB sebesar 2,0%, dengan perkiraan berkisar antara 1,1% hingga 3,4%. Pada kuartal pertama, perekonomian tumbuh sebesar 1,4%.


Baca Juga: Menanti Data Penjualan AS, Harga Harga Emas Mulai Terdorong Naik

Para pejabat bank sentral AS menganggap laju pertumbuhan sebesar 1,8% sebagai tingkat pertumbuhan non-inflasi.

Meskipun ada kenaikan suku bunga yang signifikan oleh The Fed pada tahun 2022 dan 2023, ekonomi AS terus mengungguli negara-negara lain di dunia, didukung oleh ketahanan pasar tenaga kerja. Tingkat pengangguran telah meningkat ke level tertinggi dalam 2,5 tahun, yaitu 4,1%.

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE), yang tidak termasuk komponen makanan dan energi yang bergejolak, meningkat sebesar 2,9% setelah melonjak sebesar 3,7% pada kuartal pertama. 

Hal ini menjadi kabar baik bagi para pejabat bank sentral AS menjelang pertemuan kebijakan dua hari mereka minggu depan. Indeks harga PCE inti adalah salah satu ukuran inflasi yang dilacak oleh The Fed untuk mencapai target 2%.

Baca Juga: Harga Minyak Naik Seiring Meredanya Inflasi AS

The Fed telah mempertahankan suku bunga acuan overnight pada kisaran 5,25%-5,50% selama setahun terakhir dan telah menaikkan suku bunga kebijakannya sebesar 525 basis poin sejak tahun 2022. Pasar keuangan memperkirakan adanya tiga kali penurunan suku bunga tahun ini, dimulai pada bulan September.

Meskipun laju pertumbuhan ekonomi solid, prospek untuk paruh kedua tahun ini masih belum jelas. Pasar tenaga kerja sedang melambat, yang berpotensi berdampak pada kenaikan upah.

Tingkat tabungan jauh di bawah rata-rata sebelum pandemi, dan para ekonom memperkirakan bahwa sebagian besar kenaikan suku bunga The Fed masih akan terasa dampaknya. Pendapatan pemerintah negara bagian dan lokal juga melambat, yang dapat mengurangi pengeluaran.

Baca Juga: The Fed: Lebih Banyak Data Ekonomi yang Bagus akan Perkuat Alasan Penurunan Bunga

Ada juga kekhawatiran tentang tarif baru, yang dapat mempengaruhi perusahaan-perusahaan jika mantan Presiden Donald Trump kembali menjabat di Gedung Putih pada pemilihan presiden bulan November.

Meskipun demikian, resesi diperkirakan tidak akan terjadi, dan pelonggaran kebijakan moneter diperkirakan akan terjadi pada tahun ini.

Editor: Noverius Laoli