Pertumbuhan industri kreatif saban tahun capai 9%



JAKARTA. Budyarto Linggowiyono, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) bidang Industri Kreatif & MICE (Meeting, Incentif, Convention, Exhibition) mengatakan bahwa nilai omzet industri kreatif pada 2013 mencapai Rp 700 triliun.

Budyarto mengatakan trennya selalu meningkat. "Setiap tahun kira-kira bertumbuh 1%-9% itu bagus sekali," ujar Budyarto pada acara konferensi pers bertajuk Ekspektasi Dunia Usaha untuk Pengembangan Industri Kreatif dan MICE pada Pemerintah Baru, yang dilaksanakan Kadin, Rabu (1/10).

Omzet tersebut disumbangkan dari industri periklanan & media, Arsitektur & Design, Kerajinan & Barang Senin, Video Film & Fotografi, Multimedia Animasi & Games, Penerbitan & Percetakkan, Kuliner & Jasa Boga, Software aplikasi & infrastruktur multimedia, fashion, serta MICE.


Pemerintah sendiri menargetkan pertumbuhan industri kreatif mencapai 10% di 2014 dan dapat menjadi tiga besar kontributor untuk product domestic bruto (PDB). 

Pada 2013, ekspor produk kreatif mencapai Rp119 triliun (10 miliar dollar AS) yang naik 8% dibanding 2012, menurut data Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif. Sedangkan kontribusi industri kreatif terhadap PDB pada 2013, tidak jauh berbeda dengan 2012, di kisaran 6,9% atau di posisi ke-tujuh, senilai Rp573 triliun dari sektor-sektor ekonomi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto