Peruri Tegaskan Peran Penjaga Kedaulatan Rupiah dan Produk Vital Negara



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Perum Peruri, sebagai mitra strategis Bank Indonesia, turut serta dalam Festival Rupiah Indonesia Berdaulat (Ferbi) 2024 yang berlangsung di Istora Senayan pada 16-18 Agustus 2024. 

Pameran tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan rasa bangga masyarakat terhadap rupiah sebagai simbol kedaulatan negara.

Ferbi 2024 mengusung tema “Rupiah, Ambassador of Indonesia,” yang menyoroti peran rupiah sebagai cerminan keragaman Indonesia dalam memperkuat persatuan dan nasionalisme. 


Baca Juga: BUMN Peruri Buka Banyak Lowongan Kerja Terbaru 2024, Catat Apa Saja

Acara ini dirancang untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap rupiah dengan mengenali karakteristik dan desainnya, serta pentingnya menjaga rupiah dari kejahatan pemalsuan.

Peruri, sebagai pencetak uang rupiah yang ditunjuk, menegaskan komitmennya dalam menjaga keaslian dan keamanan rupiah dengan menggunakan teknologi keamanan terkini. 

Kepala SBU Uang RI Peruri, Fadel, menyatakan bahwa Peruri bangga menjadi bagian dari Ferbi 2024 dan terus berkomitmen memberikan yang terbaik dalam setiap produk yang dihasilkan, khususnya uang rupiah sebagai simbol kedaulatan negara.

Selain mencetak uang rupiah, Peruri juga memamerkan produk lainnya seperti Buku Paspor, Meterai, Pita Cukai, dan Dokumen Pertanahan dalam pameran ini. 

Baca Juga: Percepat Transformasi Layanan Publik, Pemerintah Bentuk Ina Digital

"Semua produk tersebut dilengkapi dengan fitur keamanan tinggi untuk melindungi kepentingan negara dari potensi pemalsuan," ujarnya dalam siaran pers, Senin (19/8).

Partisipasi Peruri dalam Ferbi 2024 semakin menegaskan perannya sebagai penjaga kedaulatan dan keamanan berbagai produk vital milik negara. Dengan komitmen dan inovasi berkelanjutan, Peruri terus berupaya memberikan kontribusi terbaik bagi Indonesia.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Peruri memiliki tugas utama mencetak uang rupiah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2019. 

Baca Juga: Peruri Meluncurkan Smart Card, Ini Kegunaan dan Kelebihannya

Selain itu, Peruri juga telah mengembangkan layanan bisnis digital security seperti tanda tangan digital, stempel digital, dan meterai elektronik, serta diakui sebagai penyelenggara ekosistem layanan digital pemerintah melalui Ina Digital, yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada Mei 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli