Perusahaan asuransi jiwa gencar keluarkan produk baru yang menyasar milenial



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kesadaran akan manfaat asuransi jiwa nyatanya mulai jadi perhatian milenial. Ancaman pandemi membuat generasi milenial semakin sadar akan kepemilikan asuransi jiwa. Beberapa perusahaan asuransi jiwa pun gencar keluarkan produk baru untuk menyasar kaum milenial.

PT Asuransi BRI Life yang telah memiliki beberapa produk yang disiapkan untuk menyasar milenial, seperti produk Lentera dengan fitur manfaat asuransi jiwa dan penyakit kritis, dengan pembayaran premi selama 5 tahun dan waktu pertanggungan sampai 8 tahun.

"Jika tidak ada klaim sampai dengan akhir pertanggungan, maka premi akan dikembalikan dengan prosentase tertentu. Premi produk ini berkisar Rp 150.000 sampai Rp 450.000 per bulan, cocok dengan kemampuan keuangan milenial yang perlu didorong untuk mulai menabung untuk masa depan," kata Utama BRI Life Iwan Pasila kepada kontan.co.id, Jumat (27/8).

Baca Juga: Kartu vaksin jadi syarat perjalanan, kinerja asuransi perjalanan berpotensi terangkat

Iwan menjelaskan, proses penjualan juga menggunakan tools yang menjelaskan produk secara lebih sederhana, dengan menggunakan pendekatan story telling. Dia menambahkan, BRI Life akan terus mengembangkan produk baru untuk memenuhi kebutuhan teman-teman milenial, sesuai dengan peningkatan kemampuan keuangan mereka.

"Kami juga mengembangkan akses untuk pemasaran produk secara digital untuk memudahkan akses kepada para milenial," ujar Iwan.

Allianz Indonesia juga terpacu untuk terus mengembangkan inovasi digital dalam membantu nasabah milenial mendapatkan proteksi dan layanan asuransi yang dibutuhkan dengan mudah dan nyaman. Oleh karena itu, Allianz Indonesia baru-baru ini meluncurkan OptimAll, portal distribusi asuransi digital yang akan menyediakan berbagai pilihan produk beragam, mulai dari produk Asuransi Kesehatan, Asuransi Jiwa, sampai dengan produk Asuransi Umum.

Baca Juga: Industri asuransi berhasil mengantongi premi Rp 21,2 triliun pada Juli 2021

"Produk asuransi kesehatan yang ditawarkan melalui OptimAll dimulai dari Rp 200 ribuan per tahun sehingga cocok bagi first-time insurance buyer. OptimAll juga menyediakan pilihan pembayaran yang beragam, termasuk virtual account, kartu kredit, serta pembayaran digital, yang semakin mendominasi di kalangan masyarakat generasi milenial yang melakukan transaksi belanja online," kata Bianto Surodjo, Direktur Allianz Life Indonesia.

Bianto menjelaskan, pihaknya akan terus menambah produk-produk baru dengan beragam manfaat bagi nasabah. Allianz Life Indonesia akan terus berinovasi memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia khususnya mengajak dan mengedukasi generasi milennial untuk memproteksi diri sedari muda untuk masa depan yang lebih baik.

"Melalui program yang dinamakan Allianz Life Changer, Allianz memberikan kesempatan bagi milenial untuk mewujudkan aspirasinya, yakni membangun bisnis yang dapat membawa perubahan positif bagi diri sendiri dan sesama," tambah Bianto.

Baca Juga: Hingga Juli 2021, industri asuransi kantongi premi sebesar Rp 21,2 triliun

Salah satu perusahaan asuransi jiwa, Generali Indonesia juga baru-baru ini meluncurkan platform digital baru ALIVE powered by Generali yang memberikan manfaat proteksi dengan 110% premi kembali.  

Edy Tuhirman, Chief Executive Officer Generali menjelaskan, ALIVE powered by Generali menawarkan proteksi instan dengan fitur pengembalian premi yang dipasarkan secara online, yang hadir untuk membantu menjawab dilema finansial para milenial dan gen Z dengan kemudahan dan manfaat unggulan.

"ALIVE powered by Generali memberikan proteksi jiwa selama 10 tahun dan fitur unggulan yaitu 110% pengembalian dari dana yang disimpan untuk rencana apapun di masa depan jika tidak terjadi klaim, premi pun terjangkau sesuai usia," kata Edy. Produk ini juga menawarkan bebas pilih tempo pembayaran mulai dari 4 sampai dengan 10 tahun, serta jadwal pembayaran, bulanan hingga tahunan. Anti ribet, pembelian melalui website www.alive.generali.co.id, hanya kurang dari 5 menit, perlindungan langsung berlaku secara instan.

Baca Juga: RUU Data Pribadi Tak Kunjung Jadi, Peretas Bebas Beraksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati