Perusahaan Happy Hapsoro dan Arsjad Rasjid Jajaki Kerjasama Dengan Chemstar (CHEM)



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Basis Utama Prima (BUP) atau Basis Investment buka suara soal rumor rencana akuisisi saham PT Chemstar Indonesia Tbk (CHEM). Managing Director BUP, Yusrizki mengatakan, BUP bukan hendak membeli saham CHEM.

Namun, BUP memang sedang menjajaki kerja sama dengan CHEM untuk mendukung rencana perusahaan tersebut untuk melakukan penurunan emisi dalam rangka pencapaian target Net Zero Emission CHEM, serta mendukung rencana CHEM untuk berekspansi melakukan akuisisi terhadap perusahaan sejenis.

“Bukan berinvestasi masuk, tepatnya PT BUP sedang menjajaki kerjasama,” ujar Yusrizki kepada Kontan.co.id, Rabu (14/12).

BUP merupakan perusahaan milik Happy Hapsoro dan Arsjad Rasjid. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Happy Hapsoro memiliki 75.924 lembar saham BUP atau setara 99,9% saham perusahaan. Sebanyak 0,1% atau 76 saham sisanya dimiliki oleh PT Mohammad Mangkuningrat.

PT Mohammad Mangkuningrat sendiri merupakan perusahaan milik Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat. Pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum KADIN Indonesia tersebut memiliki kepemilikan 98,37% atau setara 12.084 lembar saham di PT Mohammad Mangkuningrat.

Baca Juga: Pada Tahun Depan, Chemstar Indonesia (CHEM) Bidik Kenaikan Penjualan hingga 200%

Seperti diketahui, Happy Hapsoro dan Arsjad Rasjid, baik secara individu maupun melalui BUP, telah sama-sama membenamkan investasi di sejumlah perusahaan yang sama. Pada PT Red Planet Indonesia Tbk (PSKT) misalnya.

Data RTI yang diakses pada Jumat (16/12) menunjukkan, BUP memiliki 40,00% kepemilikan saham di PSKT, sementara Arsjad Rasjid memegang kepemilikan saham 30% di perusahaan tersebut.

Selain PSKT, keduanya juga tercatat sama-sama memiliki kepemilikan saham di PT Rukun Raharja Tbk (RAJA). Data RTI yang diakses pada Jumat (16/12) menunjukkan, Happy Hapsoro memiliki kepemilikan langsung saham 28,51% di RAJA.

Sementara itu, kepemilikan saham Arsjad Rasjid di RAJA merupakan kepemilikan tidak langsung melalui BUP. Menurut data RTI, BUP tercatat memiliki kepemilikan saham 12,22% di RAJA.

Belakangan ini, Hapsoro dan Arsjad Rasjid dirumorkan bakal berinvestasi masuk ke CHEM melalui Basis Utama Prima. Namun, rumor tersebut kemudian dibantah oleh manajemen BUP.

Dihubungi terpisah, Corporate Secretary CHEM, Wenty Akbar Rasjid mengonfirmasi bahwa CHEM tengah menjajaki potensi kerja sama bersama dengan Basis Utama Prima.

Baca Juga: Chemstar Indonesia (CHEM) Bidik Penjualan Naik hingga 200% pada Tahun Depan

“Salah satu opsinya adalah kerja sama investasi. Namun kami tidak bisa memberi informasi lebih sebelum kami melakukan proses Keterbukaan Informasi ke IDX (Bursa Efek Indonesia),” Rabu (14/12).

Menurut Wenty, CHEM memang mengincar perusahaan yang bergerak di industri yang sama untuk diakuisisi. Hal ini dilakukan dalam rangka percepatan pengembangan ukuran usaha CHEM ke depan sebagai perusahaan produsen bahan kimia tekstil.

“Upaya ini juga untuk mengantisipasi dinamika pasar global sektor Apparels yang menuju ke sustainability, khususnya pada aspek pengurangan emisi karbon,” imbuh Wenty.

Selain menjajaki kerja sama dengan CHEM, Yusrizki menyebut bahwa BUP masih akan menjajaki peluang potensi investasi baru. Yusrizki tidak merinci sektor industri yang menjadi incaran BUP.

“PT BUP sebagai Perusahaan Holding Investasi tentunya akan terus menjajaki peluang-peluang investasi yang relevan bagi portofolio yang sudah ada maupun pengembangan-pengembangan ke arah industri yang menuju ke low carbon economy,” kata Yusrizki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari