Perusahaan Kayu Itci Kartika Milik Hashim Djojohadikusumo Diganjar Penghargaan KLHK



JAKARTA. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan kepada PT Itci Kartika Utama, anak usaha Arsari Group atas kontribusinya dalam mencapai Nationally Determined Contribution (NDC) di Indonesia.

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas keberhasilan perusahaan dalam mengelola Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan (PBPH) dan komitmennya terhadap rencana aksi iklim yang bertujuan mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) serta beradaptasi dengan dampak perubahan iklim.

Baca Juga: Tantangan Sektor Logistik dalam Pembangunan IKN di Kalimantan Timur


Menteri KLHK Siti Nurbaya menekankan bahwa penghargaan ini adalah pengakuan tunggal yang diberikan kepada PT Itci Kartika Utama, yang telah menunjukkan bagaimana kegiatan usaha yang dilakukan dapat meningkatkan tutupan hutan alam.

"Kita bisa menemukan pola di mana secara langsung dan sederhana bisa dibuktikan bagaimana suatu kegiatan atau usaha oleh entitas pemegang izin pemanfaatan hutan melaksanakan aksi iklim dengan hasil nyata yang telah meningkatkan tutupan hutan alamnya," jelasnya di Gedung KLHK, Jakarta, Kamis (17/10).

Siti menambahkan bahwa penghargaan ini membuktikan bahwa dunia usaha dapat memberikan kontribusi nyata dalam menangani perubahan iklim dan menekan emisi gas rumah kaca.

Baca Juga: Di balik pemindahan ibu kota, benarkah ada deal politik? Ini kata Istana..

"Ini menunjukkan kepada dunia bahwa inilah aksi nyata, ini bukti bisa dilakukan oleh dunia usaha," ujarnya.

CEO Arsari Group dan Komisaris Utama PT Itci Kartika Utama Hashim Djojohadikusumo menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan suatu kehormatan.

Dia menjelaskan bahwa menjaga lingkungan hidup adalah passion-nya.

"Suatu penghargaan yang saya terima ini adalah kehormatan besar karena sebetulnya apa yang saya geluti adalah passion saya, untuk menjaga satwa liar, menjaga lingkungan hidup baik untuk manusia maupun untuk hewan," ungkap Hashim.

Baca Juga: Hashim Benarkan Maruarar Sirait Jadi Menteri Perumahan Era Prabowo

Berdasarkan data KLHK, tutupan hutan alam di konsesi PT Itci Kartika Utama dalam sepuluh tahun terakhir meningkat lebih dari 115%.

Peningkatan ini merupakan bukti nyata kontribusi perusahaan terhadap NDC Indonesia, khususnya dalam sektor kehutanan.

Selanjutnya: Kementerian ESDM Gandeng Eramet Studi dan Eksplorasi Mineral Kritis

Menarik Dibaca: Apa Saja Jenis Makanan Tinggi Purin? Penderita Asam Urat Hindari Makanan Ini, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto