Pesan Ferrari minggu ini juga, sebelum PPnBM naik



JAKARTA. Pemerintah memastikan akan mengeluarkan peraturan kenaikan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) dalam pekan ini. "Minggu ini keluar," ujar MS Hidayat saat ditemui di kediamannya, Senin (3/11) malam. Menurut Hidayat peraturan tersebut akan diatur dalam bentuk peraturan pemerintah (PP). "Jadi mobil Ferrari cepat kamu borong," ujarnya dengan nada bergurau. Hal senada juga diutarakan oleh Chatib Basri Menteri Keuangan yang ditemui di kediaman MS Hidayat. "Desember ini keluar," ujarnya. Sayangnya Chatib belum mau menjelaskan tanggal dikeluarkannya PP tersebut.

Chatib negakui bahwa PP tentang pajak barang mewah ini tidak bisa menekan defisit atau krisis. Tapi kata dia, paling tidak, PPnBM ini bisa mengendalikan impor barang mewah terutama di sektor otomotif.

Sekadar informasi, PP mengenai kenaikan PPnBM ini rencananya akan diterbitkan pada bulan November. Namun hingga saat ini belum juga diterbitkan. PP ini akan mengatur besaran pajak sebesar 125% untuk barang-barang impor yang dikategorikan mewah.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan